Sabtu, April 20, 2024

Polisi Amankan Sejumlah Warga Yang Rayakan HUT Kemerdekaan West Papua di Pasar Wosi, Manokwari

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Kapolres Manokwari, AKPB Parasian Herman Gultom kepada wartawan di ruang kerjanya, Minggu (27/11/2022) mengatakan pihaknya telah mengamankan kurang lebih 15 orang yang diduga telibat dalam pengibaran bendera bercorak bintang kejora pada Minggu 27 November di pasar Wosi, Manokwari.

Menurut Kapolres, pihaknya telah melakukan upaya penegakan hukum atas aksi mengibarkan simbol-simbol yang di larang oleh aturan negara. “Awalnya kegiatan itu adalah kegiatan ibadah namun disayangkan dalam kegiatan itu ditampilkan simbol-simbol yang dilarang oleh negara,” jelas Kapolres menambahkan bahwa upaya penegakan hukum dilakukan dengan membubarkan kegiatan tersebut dan mengamankan koordinator lapangan dan sejumlah pelaku lainnya.

“Motif utamanya adalah ibadah dalam rangka memperingati hari Ulang tahun West Papua yang jatuh tepatnya pada 27 November. Dari keterangan mereka meminta ijin kepada presiden west Papua di Belanda. Setelah kita croscek itu tidak benar,” tandas Kapolres.

Sebelumnya pada Minggu (27/11/2022) sekitar pukul 08.00-12.00 Wit, sejumlah warga menggelar aksi dengan mengibarkan bendera bercorak bintang kejora, di Terminal Wosi. Dalam aksi itu, massa meneriakkan yel-yel Papua merdeka dan menyuarakan penolakan terhadap otonomi khusus (otsus) Papua. Dalam aksi ini, massa juga membawa dan mengibarkan sejumlah bendera negara asing, seperti Amerika Serikat, Australia, dan Belanda.

Koordinator aksi saat berorasi mengatakan bahwa pihaknya telah menyampaikan permohonan izin perayaan Negara West Papua New Guinea ke-25 tahun yang jatuh pada 27 November 2022 di Papua dan Papua Barat. (KN5)

 

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

three × one =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir