Jumat, Juli 19, 2024

Praktisi Hukum Desak Polda Papua Barat Usut Dana Hibah 3 Milyar Pelaksanaan Kongres Pemuda Katolik Papua Barat

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Direktur Eksekutif Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari Yan Ch. Warinussy, SH  mendukung dan mendesak Kapolda Papua Barat Irjen Pol.Tornagogo Sihombing dan jajarannya di Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dir.Reskrimsus) agar segera mengusut dugaan tindak pidana korupsi atas dana hibah Pemerintah Provinsi Papua Barat sejumlah Rp. 3 Milyar bagi penyelenggaraan Kongres Pemuda Katolik di Papua Barat yang batal dilaksanakan tahun 2021 lalu.

“Meskipun kegiatan tersebut batal, namun diduga keras, proposal Panitia kepada Pemerintah Provinsi Barat senilai Rp. 7 Milyar, telah dijawab setelah diketok Palu di Dewan Perwakilan Rakyat Papua Barat (DPR PB) senilai Rp. 3 Milyar. Pengelolaan dana tersebut pasca tidak dilaksanakan nya kegiatan tersebut di Papua Barat dan digeser ke Semarang, Jawa Tengah menjadi menarik untuk ditelusuri oleh polisi,” ungkapnya.

Untuk itu kata dia,  LP3BH Manokwari mendorong Kapolda Papua Barat untuk segera memanggil dan memeriksa para pengelola dana tersebut di jajaran panitia pelaksana Kongres Pemuda Katolik Papua Barat maupun pengurus Komisariat Daerah (Komda) Pemuda Katolik di Papua Barat.

“Ada indikasi kuat bahwa dana sejumlah Rp.3 Milyar tersebut telah disalahgunakan untuk membelanjakan beberapa benda bergerak yang tidak terlalu masuk dalam kebutuhan sesuai rencana anggaran belanja dana hibah tersebut. Polisi dapat mengusut dengan mengecek lebih dahulu dokumen Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) serta proposal dan laporan pertanggungjawaban demi menemukan bukti permulaan adanya indikasi tindak pidana korupsi di sini,” tandas Warinussy.  (cr-2)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

eight − 1 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir