Sabtu, April 20, 2024

Praktisi Hukum Dorong Kajari Sorong Konsisten Tindaklanjuti Dugaan Tipikor Pengadaan ATK dan Barang Cetakan di BPKAD Kota Sorong

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Direktur LP3BH Manokwari, Yan Ch. Warinussy, SH terus mendorong Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sorong Erwin Priyadi H.Saragih, SH, MH dan jajarannya agar tetap konsisten menindaklanjuti penyelidikan perkara dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) Pengadaan ATK dan Barang Cetakan di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Sorong Tahun Anggaran 2017.

“Apalagi Kajari Sorong telah mengajukan permintaan audit kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Papua Barat. Hak itu pula telah dibenarkan oleh Kepala Sub Auditorat Papua Barat 1, BPK Perwakilan Papua Barat Hendri P.Djati dalam keterangannya belum lama ini kepada publik sebagai dilansir salah satu surat kabar harian di Manokwari, Senin (17/5). Disebutkan bahwa karena nilai yang diminta oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Sorong agar diaudit mencapai jumlah diatas 1 Milyar rupiah. Sehingga merupakan kewenangan BPK di Jakarta,” jelas Warinussy dalam keterangan persnya, Kamis (26/5/2022)

Sesuai informasi yang diperoleh LP3BH Manokwari, kata Warinussy, diduga nilai kerugian negara dalam perkara tersebut mencapai nilai 8 Milyar rupiah. Sehingga kami dengan berdasar pada amanat pasal 42 UU RI No.31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dengan ini mendesak agar proses audit kerugiaan negara dalam perkara ini dapat segera diselesaikan.

Untuk itu, lanjut Warinussy, Kejari Sorong dapat segera menggunakan hasil audit tersebut guna meningkatkan tahapan proses ke penyidikan dan menetapkan siapa tersangka dalam perkara tersebut. Ini penting demi menjaga kepercayaan publik terhadap Kejari Sorong dan citra lembaga penegak hukum di Tanah Papua, khususnya di wilayah Provinsi Papua Barat. (KN3)

 

 

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

16 − twelve =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir