Kamis, Mei 23, 2024

Rayakan HUT Ke-124, Bupati Hermus Ajak Warga Jadikan Manokwari sebagai Kota Bersama Yang Berbudaya

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Pada momen perayaan HUT ke-124 Kota Manokwari, Bupati Hermus Indou, S.IP, MH mengajak seluruh warga agar menggunakan momentum yang baik ini untuk menjadikan Manokwari sebagai Kota Bersama yang lebih berbudaya dan berkepribadian. “Saya mengutip kata-kata Bung Karno bahwa kita harus berdaulat secara politik tapi juga berkepribadian secara budaya. Artinya, Manokwari adalah ibukota Provinsi Papua Barat yang dikenal dengan nama kota peradaban orang Papua. Sebagai kota peradaban, kita harus berdaulat secara budaya tentu dnegan mengedepankan kearifan lokal yang menjadi kepribadian kita dengan menjadikan Manokwari sebagai kota yang bersih, aman dan nyaman (Bersama),” jelas Bupati Hermus kepada awak media di sela-sela perayaan HUT Manokwari ke-124, Selasa (8/11/2022) kemarin.

“Kita berdaulat secara politik tapi juga berkepribadian secara budaya dan hal itu harus kita narasikan   pada seluruh masyarakat kita terutama anak-anak sekolah.  Meski  di tengah derasnya arus globalisasi  jangan sampai menghilangkan identitas dan jatidiri kita,” jelas Bupati Hermus.

“Lambang Kabupaten Manokwari adalah burung Mambruk. Hal itu menyiratkan bahwa kita harus terus melestarikan lingkungan alam, flora dan fauna yang ada di dalamnya termasuk burung Cendrawasih, Mambruk, Kuskus dan icon Papua lainnya. Hari ini kita menggunakan mahkota  burung Cendrawasih. Tentu selain dapat mengangkat martabat dan harga diri sebagai orang Papua, tetapi kita juga berkewajiban untuk melestarikan alam flora fauna kita terutama burung Cendrawasih, burung Surga  sebagai icon tanah Papua,” terang Bupati Hermus lebih jauh. (KN2)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

4 + 7 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir