Senin, Juni 17, 2024

Sambut HUT ke-50, PKB Jemaat Efrata Wosi, Manokwari Gelar Seminar Sehari

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Meyambut HUT ke-50 tanggal 10 Juni 2023, PKB jemaat GKI Efrat Wosi, Manokwari menggelar seminar sehari pada Sabtu (3/6/2023) bertempat di aula Gereja GKI Efrata Wosi. Kegiatan ini menghadirkan pembicara seperti Bupati Manokwari Hermus Indou, dr.Vany Paisey dari Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat dan Seketaris GKI Klasis Manokwari, Pdt. Simbiak. Seminar yang menyoroti tema utama mengenai persoalan Stunting ini diawali dengan ibadah yang dipimpin Pdt. Wangge.

Ketua PHMJ Jemaat GKI Efrata Wosi,  Pdt. Th. Sriwardani.S.S.Teol dalam sambutan mengatakan inisiatif PKB menggelar seminar sehari apalagi membahas persoalan stunting perlu diapresiasi karena hal itu merupakan salah satu persoalan penting yang dihadapi bangsa ini.

Ketua Panitia Amos Sikora, mengatakan kegiatan yang dilakukan ini atas inisiatif Persekutuan Kaum Bapak, dalam rangka Hari Ulang Tahun ke- 50 tahun dengan tujuan membangun iman setiap orang Kristen terutama kaum bapak agar lebih bertanggungjawab terhadap keluarga dan masa depannya.

Dr.Vany Paisey,  pemeteri dari Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat, melihat bahwa persoalan stunting merupakan isu global yang berkembang di Indonesia. Dan berdasarkan data, Provinsi Papua Barat berada di urutan ke enam tingkat nasional. “Untuk tingkat provinsi, Manokwari ada di peringkat kedua setelah Kabupaten Pegunungan Arfak. Stunting amat  kompleks, berpengaruh besar terutama tingkat gizi anak, kecerdasan seorang anak dan tingkat kemiskinan yang juga dapat mempengaruhi angka stunting. Untuk dapat memerangi stunting, semua pihak harus bergandengan tangan bersama untuk mengatasinya,” ujar Paisey.

Bupati  Manokwari Hermus Indouw.S.IP, MH mengatakan, Pemkab Manokwari memiliki kebijakan pembangunan di bidang keagamaan untuk mempertahakan citra Manokwari sebagai kota Injil. Dan sebagai kota Injil, Manokwari adalah rumah untuk semua orang tanpa membedakan suku, agama dan golongan. “Saya ajak semua pihak agar ikut berpartisipasi menjaga Manokwari agar menjadi Kota untuk semua orang dengan menciptakan kedamaian dan hidup secara harmonis dengan saling mengakui dan merawat perbedaan,” ujar Bupati Hermus yang pada kesempatan ini juga menyerahkan bantuan kepada panitia kegiatan.

Di sisi lain, Sekertaris GKI Klasis Manokwari, Pdt. Simbiak  mengajak  Persekutuan Kaum Bapak sebagai  salah satu unit dalam pembinaan jemaat agar dapat menjadi pelayan firman dalam keluarga, berjemaat dan Gereja serta mampu hadir sebagai pelayanan iman, agar dapat meningkatkan pelayanan. “Kaum Bapak harus menjadi pelopor iman dalam keluarga,” ujarnya. (KN5)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

nine + seventeen =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir