Senin, Juni 17, 2024

Soal Gejala Hepatitis Akut, Kadis Kesehatan Papua Barat: Jangan Panik!

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Munculnya 15 kasus hepatitis akut di Indonesia terutama di daerah Jawa menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat, termasuk di Papua Barat. Hal ini disebabkan karena pandemi Covid-19 yang belum berakhir, kini muncul lagi penyakit hepatitis akut. Menghadapi hal ini, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat, Otto Parorongan, S.KM, M. M.Kes menegaskan bahwa sampai saat ini kasus tersebut belum ditemukan di Papua Barat. Dan untuk menghadapi penyakit tersebut, Otto meminta agar warga masyarakat di Papua Barat tidak panik.

“Yang paling penting, masyarakat jangan panik tetapi tetap waspada dan harus mengenali gejala awal hepatitis akut,” ungkapnya beberpa waktu lalu. Menurut dia, gejala awal hepatitis akut adalah diare, mual, muntah, sakit perut, dan demam ringan.

“Jika muncul gejala-gejala tersebut, jangan panik dan segera bawa pasien ke Puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk mendaat pertolongan. Jangan sampai menunggu gejala lanjutan muncul. Dan saat ini Dinas Kesehatan Papua Barat dan Kementrian Kesehatan serta Organisasi profesi seperti Ikatan Dokter Anak , Ikatan Dokter Indonesia, Puskesmas dan Rumah sakit serta pemangku kebijakan lainnya, telah melakukan sosialisasi  dan jejaring dalam penanganan kasus ini secara bersama sama,” ungkap Parorrongan.

Sampai saat ini kata Otto belum diketahui penyebab  penyakit tersebut tetapi penyakit itu menular melalui saluran cerna manusia seperti mulut dan kotoran manusia serta saluran pernafasan. Dan untuk pencegahannya, lanjut Otto, warga masyarakat diminta untuk selalu rutin mencuci tangan dengan sabun. Selain itu, perlu memastikan bahwa makan yang dikonsumsi dalam keadaan matang dan bersih, tidak bergantian alat makan dengan orang lain,  hindari kontak dengan orang sakit, menjaga kebersihan rumah dan lingkungan, kurangi mobilitas, gunakan masker jika bepergian, jaga jarak dengan orang lain dan hindari keramaian dan kerumunan. (KN)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

19 − 1 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir