Minggu, Juli 21, 2024

Tanggul Penahan Ombak Pantai Wedoni Rusak Dihantam Gelombang

RANSIKI, Kasuarinews.id – Tanggul penahan ombak di wilayah pesisir Kampung Wedoni, Distrik Oransbari, Kabupaten Manokwari Selatan rusak dihantam gelombang pasang.

Kerusakan itu terjadi terjadi karena hantaman gelombang pasang seturut cuaca ekstrem sejak beberapa bulan terakhir. Terlebih dalam kondisi fullmoon atau purnama. Bahkan tanggul yang berada di sisi kiri jalan dari arah Manokwari menuju Manokwari Selatan nampak rubuh. Hal ini terlihat jelas pada Kamis (20/1/2021) ketika air laut terhempas naik badan jalan menyebabkan kendaraan yang melintasi ruas jalan tersebut harus ekstra hati-hati.

Salah seorang warga, Lediwina Inden mengatakan,  untuk mengatasi hal tersebut tidak ada pilihan lain keucali memindahkan ruas jalan tersebut beberapa kilo ke bagian darat. “Posisi jalan harus pindah agar lebih aman. Kita manusia tidak mungkin melawan alam. Dan jika dilihat, perbaikan tanggul tersebut sudah dilakukan kesekian kalinya. Setelah selesai, tidak sampai beberapa tahun rusak lagi.  Daripada buang anggaran, lebih baik jalan dipindahkan saja,” ungkapnya.

“Mau cor model bagaimana pun termasuk pakai gorong gorong akan tetap sama karena akan hambur- hambur  uang saja. Maka cara yang terbaik, lokasi  jalan harus digeser ke darat agar sekali kerja bisa bertahan lama,” ungkapnya lebih lanjut. (AN)

 

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

4 × two =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir