Sabtu, Mei 18, 2024

Tekan Inflasi, Kadis Ketahanan Pangan Papua Barat Usul Pemprov Beri BLT ke Distributor

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Papua Barat, Lazarus Ullo, SP, M.Si memberi saran kepada Pemprov Papua Barat untuk menekan inflasi di daerah dengan cara memberikan insentif berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) khusus kepada para distributor.

“BLT kepada distributor bahan pangan di Provinsi Papua Barat harus dilakukan dengan tujuan menekan laju inflasi di daerah pasca kenaikan harga BBM dan dampak perang Soviet-Ukrania yang berdampak pada naiknya harga sejumlah bahan pokok. Kami kaji selama ini bahwa untuk menekan inflasi, pemerintah perlu memberi bantuan  kepada distributor yang memasok produk lokal dan produk yang diimpor dari luar daerah,” ujar Ullo pekan lalu kepada Kasuarinews.id.

Menurut Lazarus Ullo, bantuan kepada distributor itu penting karena pasca kenaikan harga BBM, untuk memasukan produk dari luar, distributor mengeluarkan biaya yang besar untuk transportasi. “Biaya transportasi naik karena BBM juga naik. Karena itu, distributor juga menaikan harga barang. Untuk itu, agar tidak menaikan harga barang, kami beri saran kepada Pemprov untuk membantu para distributor untuk memangkas biaya transportasi,” terang Ullo menambahkan perlu juga dicari strategi dan skema agar agar BLT tidak hanya diterima masyarakat tetapi juga dapat menekan lanju inflasi di daerah.

Kata Ullo, pihaknya akan memberi saran ke Pj. gubernur terkait upaya penanganan inflasi di daerah. “Kami juga akan minta ke pj. gubernur agar anggaran Dinas Ketahanan Pangan ditingkatkan  sehingga kami bisa lebih fokus memberikan BLT kepada para distributor. Perlu disadari bahwa para distributor naikan harga karena biaya transportasi itu sudah naik. Untuk menutupi biaya transportasi yang naik itu, harga barang juga harus dinaikan kalo tidak distributor rugi,” jelas Ullo.

Dia juga meyakini bahwa distribusi BLT kepada masyarakat tidak akan mampu menekan laju inflasi  tetapi jika diberikan ke distributor untuk menekan biaya transportasi maka akan berdampak pada harga komoditas pangan di daerah. (KN3)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

4 − 1 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir