Minggu, Juli 21, 2024

Tokoh Agama Ini Minta Pemerintah Tetapkan 3 Tokoh Arfak Ini sebagai Nama Bandara, Jalan dan Pelabuhan di Manokwari

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Tokoh agama di Manokwari, Pdt. Hans Wanma, S.Th saat berbicang dengan Kasuarinews.id beberapa waktu lalu mendesak pemerintah daerah dan DPRD Manokwari agar membuat regulasi untuk mendorong dan menetapkan tiga 3 tokoh besar suku Arfak sebagai nama bandara, jalan dan pelabuhan di Manokwari.

“Saya kira wancana itu sudah sangat lama namun sampai saat ini tidak pernah direalisasikan. Untuk itu perlu didesak lagi agar 3 tokoh besar suku Arfak yaitu Lodwick Mandacan ditetapkan sebagai nama bandara Redani, Barreth Mandacan sebagai nama jalan utama di Manokwari dan Irogi Meidodga sebagai nama pelabuhan Laut di Manokwari,” tadnas Wanma.

Hal itu dilakukan kata dia sebagai bentuk dan penghargaan terhadap nilai-nilai kearifkan lokal suku Arfak yang begitu kaya.

Menurut Pdt. Wanma, tidak hanya nama tokoh-tokoh besar Arfak yang digunakan untuk nama bandara, jalan atau pelabuhan laut tetapi juga kearifkan lokal Arfak lainnya juga dapat dimunculkan ke permukaan. “Kalo bisa ada motif  budaya Arfak diukir di panah, busur, juga koba-koba motif asli Arfak dilukis di ruang tunggu bandara, pelabuhan ataupun kantor pemerintah. Bukan hanya di kantor pemerintah itu gantung foto pahwlan, tetapi juga harus memunculkan kearifkan lokal lewat motif seni pahat, ukir dan sebagainya,” tadnas Pdt. Wanama. (AN)

 

 

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

16 − four =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir