Sabtu, April 20, 2024

Tutup Pendidikan Tamtama, Pangdam XVIII/Kasuari Lantik 169 Prajurit Dua

RANSIKI, Kasuarinews.id – Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema,Ā  memimpin langsung Upacara Penutupan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) Prajurit Karier (PK) TNI Ā AD Gelombang II TA. 2021, Kodam XVIII/Kasuari di lapangan upacara Mako Rindam XVIII/Kasuari, Momiwaren, Kabupaten Manokwari Selatan pada Kamis (14/4/2022).

Bersamaan dengan upacara penutupan pendidikan tersebut, selaku Inspektur Upacara (Irup), Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema juga melantik sebanyak 169 Tamtama PK TNI AD dengan pangkat Prajurit Dua (Prada) serta diambil Sumpah menurut agama dan kepercayaan masing-masing.

Dalam upacara pelantikan tersebut, Pangdam XVIII/Kasuari juga menyaksikan penyematan tanda pangkat Prada dan menyerahkan ijazah kepada perwakilan prajurit Tamtama.

Dalam sambutannya Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema mengucapkan selamat kepada para mantan Prajurit Siswa atas keberhasilannya menyelesaikan pendidikan di Rindam XVIII/Kasuari. “Saya mengucapkan selamat atas keberhasilan para mantan prajurit siswa, yang telah berhasil menyelesaikan Pendidikan Tahap – I dan dilantik menjadi prajurit TNI AD dengan pangkat Prajurit Dua (Prada). Semoga keberhasilan ini menjadi sumber motivasi dalam melanjutkan Pendidikan Kecabangan masing-masing”, kata Pangdam.

Pangdam juga mengatakan bahwa, prosesi pelantikan tersebut sekaligus merupakan simbol perubahan status dari masyarakat sipil menjadi prajurit TNI AD, sehingga membawa konsekuensi logis terhadap pola pikir, sikap dan tindakan sebagai prajurit. “Kalian telah diikat oleh aturan hukum dan disiplin militer serta berbagai norma yang berlaku di lingkungan TNI AD, seperti Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI”, tegas Pangdam.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Pangdam mengucapkanĀ  terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Rindam XVIII/Kasuari beserta Staf, para Gumil, Pembina dan Pelatih, atas kerja kerasnya dalam melaksanakan Pendidikan Tamtama. “Lakukan evaluasi secara objektif sebagai langkah pembenahan terhadap sepuluh komponen pendidikan, guna meningkatkan kualitas hasil didik di masa yang akan datang,” ujarnya.

Pangdam juga berterima kasih kepada pemerintah Provinsi Papua Barat dan para Bupati di Papua Barat serta masyarakat yang telah memberikan perhatian yang begitu besar kepada lembaga pendidikan ini sebagai tempat pengembangan sumberdaya manusia prajurit Kodam XVIII/Kasuari.

Lulusan terbaik Dikmata Gelombang II TA. 2021 diraih oleh Prada Risyart Agustin Marunggu, kelahiran Sorong 18 Mei 2000 putra dari Yohanes Marunggu dan Petronela Ramar. Sebelum pelantikan dan pemasangan pangkat, Pangdam lakukanĀ  pemeriksaan pasukan upacara terlebih dahulu.

Ikut dalam kegiatan ini, Irdam, Kapoksahli Pangdam, Danrindam XVIII/Kasuari, para pejabat Kodam, para Perwira, Bintara dan Tamtama Rindam, sementara dari unsur pemerintahan hadir Ketua MRPB Maxi Nelson Ahoren, Bupati Manokwari Selatan,Ā Bupati Manokwari, unsur forkopimda Kabupaten Manokwari Selatan dan para keluarga siswa Dikmata.Ā (KN4)

 

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

18 + twenty =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir