Sabtu, Juli 20, 2024

Uskup Datus Lega Pimpin Serah Terima Pastor Paroki Imanuel Sanggeng, Manokwari

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Pastor Paroki Imanuel Sanggeng, Manokwari yang selama ini dijabat oleh Pastor Lambert Pati, OSA akhirnya diserahterimakan kepada Pastor Filip Sedik, OSA. Upacara serahterima pastor Paroki Imanuel Sanggeng ini berlangsung dalam perayaan ekaristi yang dipimpin Uskup Keuskupan Manokwari Sorong, Mgr. Hilarion Datus Lega, Pr, pada Minggu (30/1/2021) pukul 08.00 Wit dan dihadiri umat Katolik Paroki Imanuel Sanggeng.

Dalam kotbahnya yang diinspirasikan dari Bacaan Kitab Suci I Samuel, I Korintus dan Injil Lukas, Uskup Datus Lega menegaskan bahwa kebaikan itu butuh proses sehingga harus selalu diperjuangkan setiap saat.

Kata Datus Lega, Kitab Samuel itu penting dalam sejarah kekristenan dan kemanusiaan meski kitab  tersebut tidak terlalu panjang karena hanya terdiri dari beberapa bab. “Kita Samuel itu penting bagi kekristenan dan kemanusiaan karena dari segi Kekristenan, kita dapat belajar dari kisah kelahiran Nabi Samuel yang ibunya Hana percaya penuh akan  kehendak Allah. Selain itu kita Samuel penting bagi kemanusiaan karena Samuel menjadi saksi munculnya sejumlah raja Israel mulai dari Saul, Daud dan Salomo,” ungkap Datus Lega menambahkan Hana berjuang terus tanpa kenal lelah dengan Doa sehingga Yahwe mendengar jeritannya.

Menurut Datus Lega, bacaan kita suci dari Samuel, I Korintus dan Injil Lukas hendak menyatakan dengan jelas bahwa Tuhan senantiasa berkarya dalam kehidupan umat manusia. “Kisah yang sama juga terangkum dalam perjalanan panggilan Pastor Lambert Pati meski agak mengalami keterlambatan panggilan, tetapi sosok  Lambert Pati adalah   gembala yang ceria, suka melayani, humoris dan di atas segalanya Tuhan senantisa berkaya. Artinya, Tuhan senantiasa berkarya dalam diri hambaNya, Lambert Pati,” ungkap Uskup Datus Lega menambahkan bahwa kebaikan dan kesetiaan harus diperjuangkan seperti cinta dan kasih sayang.

Kata Datus Lega, serahterima pastor paroki Imanuel Sanggeng merupakan bagian dari sejarah kecil dalam perjalanan paroki Imanuel Sanggeng dan harus dilihat sebagai bagian dari karya dan penyertaan Tuhan.

Usai peneriaman komuni, Uskup Datus Lega kemudian membacakan SK pembebas-tugasan Lambert Pati, OSA sebagai Pastor Paroki Imanuel Sanggeng dan pengangkatan Pastor Filip Sedik, OSA sebagai Pastor Paroki Imanuel Sanggeng. “Atas nama Keuskupan Manokwari Sorong, saya mengucapkan terima kasih kepada Pastor Lambert Pati. Dan selamat berkaya bagi Pastor Filip Sedik,” ujar Datus Lega dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara serahterima  Pastor Paroki. Lambert Pati kemudian akan kembali ke Ordonya untuk mendapat penugasan baru. (AN)

 

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

fourteen + eight =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir