Minggu, Juni 16, 2024

Uskup Manokwari Sorong Melantik Dewan Pastoral Paroki Imanuel Sanggeng, Manokwari Periode 2023-2026

MANOKWARI, Kasuarinews.id РPengurus Dewan Pastoral Paroki (DPP) Imanuel Sanggeng, Manokwari, Provinsi Papua Barat periode 2023-2026 resmi dilantik Uskup Keuskupan Manokwari Sorong, Mgr Hilarion Datus Lega dalam perayaan ekaristi  di Gereja Paroki Imanuel Sanggeng, Minggu (19/2/2023) pada Hari Minggu Biasa ke-VII sesuai dengan penanggalan Liturgi Gereja Katolik.

Pelantikan yang dilakukan usai kotbah ini diawali  dengan pembacaan SK oleh Uskup Datus Lega, permohonan yang disampaikan pastor paroki, doa dan penumpangan tangan kemudian uskup Datus Lega mereciki pengurus DPP dengan air berkat.

Pastor Paroki Imanuel Sanggeng, Filip Sedik, OSA dalam sambutannya yang singkat mengajak umat Katolik Paroki  Imanuel Sanggeng sesuai dengan hasil sinode keuskupan Manokwari Sorong untuk terus bersekutu, melayani dan bermisi lewat pelbagai profesi yang ditekuni.

Sementara itu, Uskup¬† Datus Lega dalam sembutannya mengucapkan terima kasih kepada pengurus DPP lama yang telah bekerja dengan semangat pelayanan yang tinggi. Datus¬† Lega mengajak Pengurus¬† Dewan Pastoral Paroki Imanuel Sanggeng yang baru agar senantiasa¬† merefleksikan peran Gereja dalam perkembangannya di masa yang akan datang. Kita berharap Paroki Iamnuel Sanggeng semakin dewasa dalam mengembangkan misinya secara langsung terutama¬† pembinaan iman umat Katolik. ‚ÄúTanggal 1 Januari tahun 1953, tarekat OSA resmi berkarya di Keuskupan Manokwari Sorong. Dan saat ini ada ada 31 paroki di Keuskupan Manokwari Sorong. Dari jumlah itu, ada 7 paroki yang dilayani oleh imam-imam OSA. Dan dari 7 paroki itu, Paroki Imanuel Sanggeng, adalah satu-satunya paroki yang dilayani Imam OSA asli Papua. Jadi umat Paroki Imanuel Sanggeng harus bangga. Selain itu, ada 3 paroki yang dilayani imam-imam SVD, Karmelit dan CM sedangkan 15 paroki dilayani imam-imam diosesan (Imam Projo) ¬†dari Keuskupan Manokwari Sorong, Kupang dan Semarang. Untuk itu, saya mengajak umat sekalian untuk terus mendukung kerja-kerja Pastor,‚ÄĚ ajak Datus Lega

Lebih lanjut Uskup Datus ¬†Lega menjelaskan bahwa DPP adalah lembaga yang merencanakan, memutuskan, melaksanakan dan mengevaluasi seluruh reksa pastoral paroki yang dilandaskan dengan sistem kerja sama. ‚ÄúBuatlah program kerja yang konkrit dan relevan, semampu yang bisa dilaksanakan, bisa berkolaborasi dengan semua lingkungan atau stasi yang ada, terutama terus berkoordinasi dengan pastor Paroki demi kepentingan dan kemajuan Paroki‚ÄĚ ujar Uskup.

Datus Lega juga mengajak, DPP baru saling bekerja sama, profesional, menjaga kekompakan, dan senantiasa menimba kekuatan dari Tuhan dalam doa. Seluruh umat juga diajak untuk mendukung dewan paroki yang baru dilantik dalam karya pelayanan gereja.

‚ÄúPengurus Dewan Pastoral Paroki dituntut berperan aktif dalam tugas dan pelayanan kepada umat yang semakin berkembang. Peran aktif kita sangat diharapkan demi kemajuan bersama. Gereja adalah kita semua, tidak terbatas pada kalangan Pejabat Gereja,¬† atau hanya untuk umat saja. Maju mundurnya kiprah Gereja dalam tugas-tugas pelayanan¬† sosial dan pembinaan rohani umat terletak di tangan kita semua,‚ÄĚ tegas Uskup Datus.

Pengurus Dewan Pastoral Paroki Imanuel Sanggeng dilantik antara lain, Ketua Umum (ex oficio)  Pastor Paroki RP. Filip Sedik, OSA, Ketua J. Rahakbauw. Kepengurusan DPP Paroki Imanuel Sanggeng juga  dilengkapi  dengan sejumlah seksi yang memiliki  fungsi dan tugas utama terkait kegiatan liturgi,  pelayanan sosial, serta operasional gereja. (KN2)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ten + twenty =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir