Jumat, April 19, 2024

Vitalis Yumte Usulkan Buku Pintar Untuk Membumikan Otsus Jilid 2 di Tanah Papua

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Mantan Ketua MRP Papua Barat yang kini menjadi Staf Biro Otsus Setda Papua Barat,  Vitalis Yumte, S.Pd mengatakan bahwa untuk membumikan Otsus di tanah Papua, dibutuhkan adanya buku pintar yang berfungsi sebagai panduan. Hal ini diungkapkan Yumte saat berlangsungnya diskusi pembobotan Otsus Jilid II  pada Senin (31/10/2022) di salah satu hotel di Manokwari. Diskusi ini dihadiri oleh Biro Otsus Setda Papua Barat, Perwakilan Bappenas RI dan Bappeda Papua Barat.

Menurut Vitalis, langkah Pj. Gubernur Papua Barat yang meminta dengan tegas agar Biro Otsus dapat mengawal dengan baik dan benar  pelaksanaan Otsus Jilid 2 agar dapat dirasahkan manfaatnya oleh masyarakat asli Papua perlu diapresiasi dengan baik. Untuk menindaklanjuti arahan Pj. gubernur, kata Vitalis, Biro Otsus Papua Barat mencari formula yang tepat agar uang Otsus itu dapat dipertanggungjawabkan dengan jelas dan transparan. Untuk itu, salah satu langkah yang dilakukan adalah membangun kerjasama dengan  pihak lain seperti Universitas Negeri Papua. “Yang perlu dilakukan adalah kita ingin agar uang Otsus itu dipisahkan dari uang lainnya dari APBD sehingga pertanggungjawabannya jelas. Jangan sampai kesalahan di masa lalu terulang lagi sehingga rakyat mengatakan Otsus gagal karena hanya memperkaya para birokrat dan pejabat,” tandas Vitalis.

Dalam diskusi ini, Amos, Irma dan Wiwi dari Bappendas RI sescara khusus menyoroti peningkatan kapasitas ASN OAP melalui Diklat yang belum tercover dalam sejumlah pasal UU Otsus. “Dalam UU Otsus belum disebutkan peningkatan kapasitas ASN khusus untuk OAP. Selain  itu dengan ditutupnya sejumlah SPG di tanah Papua, berimbas pada minimnya tenaga guru di Papua. Ini harus dipikirkan lagi solusinya ke depan,” ujar Amos.

Di sisi lain, Legius Wanimbo, Sekertaris Perencanaan Otsus Bappeda Papua Barat secara khusus menyoroti bahwa Otsus Jilid 2 harusnya dapat membuka kesempatan seluas-luasnya bagi penciptaan lapangan kerja bagi OAP. “Saya kira, uang Otsus itu harus digunakan untuk membuka peluang dan kesempatan kerja sebesar-besarnya bagi OAP,” jelas Wanimbo. (KN1)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

fourteen − 12 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir