Kamis, Mei 23, 2024

Wabup Edi Budoyo Serahkan 665 Sertifikat Tanah Ke Warga Maripi

MANOKWARI, Kasuarinews.id –  Wakil Bupati Manokwari Drs. Edi Budoyo pada Kamis (10/3/2022),  menyerahkan 665 sertifikat tanah yang diterbitkan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Papua Barat kepada warga Maripi. Penyerahan sertifikat yang berlangsung di Balai Kampung Maripi Indah ini dihadiri Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Badan Pertahanan Nasional (BPN) Papua Barat Freddy A. Kolintama.

Bupati Manokwari dalam sambutannya yang dibacakan Wabup Edi Budoyo mengatakan bahwa sengketa lahan yang sering terjadi di Manokwari dan Papua Barat umumnya karena tidak ada kepastian hukum perihal kepemilikan lahan.

“Sengketa lahan itu bisa terjadi antara warga, juga antara warga dengan perusahaan seperti BUMN, BUMD atau dengan pemerintah. Untuk itu, kepemilikan sertifikat sebagai dasar hukum sangat penting,” ujar Wabup.

Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSP), kata Edi Budoyo merupakan salah satu bentuk inovasi pemerintah  melalui Kementerian ATR/PBN untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat di bidang sandang, pangan dan papan.

“Kebijakan itu ada dalam Inpres Nomor 2 Tahun 2018 dan Permen No. 12 Tahun 2017 tentang PTSP. Jadi PTSP adalah wujud dari kewajiban pemerintah untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah bagi warganya,” ungkap  Edi Budoyo menambahkan masyarakat yang telah mengantongi sertifikat dapat menjadikan sertifikat sebagai jaminan bagi modal usaha  untuk meningkatkan taraf hidupnya.(KN3)

 

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

sixteen − nine =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir