Kamis, Mei 23, 2024

Alosius Paulus Siep, Anggota DPRD Manokwari “Menjadi Berkat bagi Orang Lain”

MANOKWARI, KasuariNews.id – Berambut gimbal ala Bob Marley dan tekesan cuek.  Itulah kesan pertama  saat Kasuari Pos dan Kasuarinews.com  bersua dengan salah seorang  anggota DPRD Kabupaten Manokwari Periode 2019-2024. Dia adalah  Alosius Paulus Siep, SE, Ketua Fraksi Perindo Periode 2019-2024, yang terpilih pada  pemilihan legislatif 17  April 2019 lalu.

”Saya minta maaf,  dua hari lalu  kita telah buat janji ketemu  namun hari ini baru  terwujud. Hal tersebut karena  agenda sidang yang amat padat sehingga malam ini baru bertemu rekan-rekan jurnalis,” ucap putra asli kota Dingin  Wamena itu membuka pembicaraannya.

Alumnus  Fakultas Ekonomi  Universitas Negeri Papua (Unipa) yang dikenal sangat militan menyuarakan keberpihakan pada Orang Asli Papua (OAP) itu, pernah menduduki  sejumlah  jabatan penting di kampus tempatnya menimbah ilmu, salah satunya Ketua Presiden Mahasiswa Unipa  2014-2015.

“Saya berterima kasih pernah menyenyam pendidikan di Kampus Unipa. Selain menimba  ilmu, saya juga banyak belajar beroganisasi melalui organisasi kemahasiswaan dan   organisasi kepemudaan di lingkungan Gereja,” ujar Ketua Komisi B DPRD Manokwari ini.

Dalam refleksinya,  kata politisi Perindo ini, kesuksesaan yang diraihnya  saat ini tidak semata-mata karena hasil perjuangan dan kerja kerasnya selama menimba ilmu di kampus dan  pengalaman berorganisasi, namun lebih-lebih karena buah didikan serta pergumulan dan doa yang  tak pernah putus dari bibir sang ibu dan almahrum ayahnya  yang berprofesi sebagai seorang guru. “Orang tua saya tidak mewariskan harta apapun kepada saya dan saudara-saudara saya. Ayah saya yang seorang guru dan ibu saya yang petani hanya mewariskan keutamaan-keutamaan hidup yang tidak  pernah dapat diambil orang dan menjadi bekal bagi saya dan saudara-saudara saya yaitu iman,  kedisiplinan, kejujuran, kerja keras dan peduli pada orang lain. Ayah saya yang seorang guru selalu menanamkan sikap disiplin dan kerja keras sedangkan ibu dengan penuh cinta selalu mengajari saya kepekaan dan kepedulian kepada orang lain serta kejujuran dan iman yang teguh,” kata politisi ini. Pria yang akrab disapa Alo ini menikah dengan seorang wanita asal Tambrauw dan kini telah dikarunia dua orang anak.

Soal karier politiknya, Alo mengatakan seperti dulu memimpin rekan-rekannya menyalurkan aspirasi melalui demo damai, saat ini jalur perjuangan tetap jalan namun perjuangan itu melalui  lembaga legislatif dia tetap bersuara untuk keberpihakan pada Orang Asli Papua (OAP) sebagaimana motonya Hidup menjadi saluran berkat bagi banyak orang.

“Jika dulu saya banyak  turun pimpin rekan-rekan menyuarakan kepentingan rakyat di jalan,  sekarang caranya  sudah beda. Ide-ide itu harus dituangkan dalam bentuk program kerja yang lebih  real dan diperjuangan di parlemen ,”  tukasnya.

Ia juga berpesan dan meminta  rekan-rekan pemuda dan mahasiswa  lebih banyak belajar  dan menimba pengalaman  berorganisasi serta membuka jaringan  dengan tokoh-tokoh pemuda baik di dalam dan di luar Papua.  Hal ini dimaksudkan  untuk mendapatkan pengalaman berharga.

“Seperti kita tahu bersama bahwa saat ini pemerintah pusat sangat konsen dan memberi perhatian lebih untuk Papua. Oleh sebab itu kita tidak boleh diam kita harus ambil peluang itu sehingga kita bisa menjadi tuan di negeri kita sendiri,” pesannya. (AK)

 

Biodata:

Nama  : Alosius Palus Siep, SE

TTL  : Wamena

Pendidikan:

SD YPPK Santo Yusup Wamena

SMP Negeri  1 Wamena

SMA YPPK Agustinus, Kota Sorong

Kuliah : Universitas Negeri  Papua (Unipa) Manokwari

Organisasi Kampus : Ketua Presiden Mahasiswa Unipa 2013-2015

Partai Politik : Ketua Partai Perindo Kabupaten Manokwari

Pekerjaan : Anggota DPRD kabupaten Manokwari

Ayah : Isak Siep

IBU  : Yusia Itlai

Saudara : Yustina Siep, Finsensius Siep, Meike Siep dan Bonaventura Siep

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

1 × 5 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir