Jumat, April 19, 2024

DKP Papua Barat akan Benahi Tiga Pelabuhan Perikanan

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Kapala Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Provinsi Papua Barat, Jacobis Ayomi kepada awak media Senin (20/2/2023) mengatakan bahwa OPD yang dipimpinnya pada tahun ini akan fokus membenahi tiga pelabuhan perikanan di wilayah Papua Barat yaitu pelabuhan perikanan yang ada di Teluk Wondama, Manokwari dan Fakfak.

Menurutnya, saat ini DKP Papua Barat sedang menginventarisir aset milik Pemprov Papua Barat. “Untuk saat ini, aset DKP itu lebih banyak ada di Provinsi Papua Barat Daya. Untuk itu, DKP saat ini akan membenahi aset yang sudah ada sebelum mengembangkan yang baru seperti contoh 3 pelabuhan perikanan itu,” ujar Ayomi.

Kata dia, tiga dermaga perikanan tersebut harus dibenahi terlebih dahulu, agar aktivitas nelayan di pelabuhan perikanan dapat berjalan dengan baik.

“Yang jelas kita kekurangan sarana prasarana seperti cold storage, pabrik es yang sangat minim di Papua Barat ini, jadi ini yang sementara kita benahi dulu,” terangnya.

Lanjut Ayomi, setelah pembenahan dermaga,  baru dilaksanakan program strategis memperkuat nelayan dengan sarana prasarana tangkap di masing-masing kabupaten.

Untuk anggaran, disesuaikan dengan Pagu yang ada, karena dengan adanya Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Papua Barat Daya, anggaran DKP mengalami pengurangan. “Enam kabupaten  di pesisir umumnya memiliki potensi untuk perikanan,” ungkapnya. (KN4)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

fifteen + four =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir