Minggu, Mei 5, 2024

JDP Minta Kapolda Papua Bertindak Cepat Atasi Konflik di Yakuhimo

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Juru Bicara Jaringan Damai Papua (JDP), Yan Ch. Warinussy, SH mendesak Kapolda Papua dapat bertgindak cepat dengan mengambil langkah tegas dan terukur untuk mengatasi konflik yang terjadi di Yahukimo.

“JDP sangat berduka cita atas berita meninggal dunianya Saudara Abock Busup, S.Th, MA (mantan Bupati Yahukimo) hari ini di salah satu hotel di Jakarta. Berita duka ini cukup mengejutkan banyak pihak, terutama keluarga inti dari saudara Busup di kampung halamannya. Tapi JDP juga sangat menyesalkan terjadinya serangkaian tindakan lain di Yahukimo berbentuk pembakaran fasilitas rumah dan juga kekerasan fisik bersenjata tajam yang merenggut nyawa sesama saudara bahkan keluarga lain disana,” ujarnya.

Untuk itu, JDP kata Warinussy, menyerukan saudara Kapolda Papua harus mengambil langkah tegas dan terukur dalam membantu pemerintah daerah setempat guna melerai dan menenangkan para pihak yang bertikai pasca mendengar berita kematian almarhum Abock Busup yang cukup menghebohkan ini.

“JDP bersedia dilibatkan dalam menengahi dan memfasilitasi terajutnya perdamaian di Yahukimo dalam waktu dekat ini. Konflik bernuansa lokal dan horizontal semacam ini sesungguhnya tak perlu terjadi. JDP meminta agar Bupati Yahukimo dan Pimpinan DPRD setempat semestinya tampil di depan bersama kalangan pimpinan gereja untuk menghentikan segera konflik horizontal tersebut,” ujarnya. (cr-3)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

18 + fifteen =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir