Kamis, Mei 23, 2024

John Wempi Wetipo Digeser Jadi Wamendagri, Pengamat Politik Ini Duga Terkait Pemekaran Papua

JAYAPURA, Kasuarinews.id Pengamat Politik Universitas Cenderawasih (Uncen), Diego Romario de Fretes SIP MA mengatakan, penunjukan  John Wempi Wetipo sebagai Wamendagri sangat cocok dan akan memiliki peran untuk DOB Papua.

“Kita lihat latar belakang beliau, ketika ia dilantik jadi Wamen PUPR itu semua orang berasumsi bahwa ia mempunyai kapasitas karena ini merupakan bagian dari pada mengamankan kader-kader PDI Perjuangan di jajaran Kementerian,” kata Diego Rabu malam (15/6/2022) seperti dilansir dari Tribunnews.com.

Ditunjuknya John sebagai Wamendagri, sangatlah cocok lantaran memang memiliki latar belakang yang mumpuni sebelumnya.

“Beliau (John Wempi Wetipo), bukan sebagai orang teknis tetapi saat direshuffle dan menduduki jabatan Wakil Menteri Dalam Negeri sebenarnya ini sudah menjadi hal yang wajar karena basic dan rekam jejak yang baik sebagai kepala daerah 2 periode di Jayawijaya,” jelasnya.

Terdapat prestasi gemilang yang pernah diraih John Wempi Wetipo, salah satunya adalah manajemen keuangan yang baik dan mendapatkan penghargaan dari KPK saat itu.¬†“Kalau saya melihat justru malah, digeser dari Wamen PUPR, menjadi Wamendagri ini lebih cocok dibandingkan jabatan yang diemban sebelumnya karena keilmuannya yang sinkron,” kata Diego menerangkan.

Disinggung soal apakah penunjukkan John Wempi Wetipo menjadi Wamendagri, berkaitan erat dengan membantu rencana Pemerintah untuk memekarkan Papua, Diego merespon hal tersebut sudah tentu benar adanya. “Karena saya melihat tak bisa dipungkiri pula salah satu agenda menempatkan¬†John Wempi Wetipo¬†sebagai Wamendagri bisa jadi adalah bagian dari rencana membantu pembentukan DOB baru di Papua,” yakinnya.

Lelaki yang merupakan Dosen di Fisip Universitas Cenderawasih (Uncen) tersebut menuturkan, penempatan ini tak terlepas dari prediksi orang bahwa John Wempi Wetipo akan memantau dan lebih berfokus untuk saat ini menjalankan amanah pembentukan 3 DOB baru Papua.

Ditanya soal, langkah ataupun gerakan pertama yang akan ditempuh John Wempi Wetipo sebagai Wamendagri, Diego memprediksikan masih seputar pendekatan kepada masyarakat.¬† “Saya menilai peran John Wetipo sangat besar, agenda penting pertama yang dilakukan John¬†Wempi¬†Wetipo saat menjabat, tentu akan melakukan pendekatan, terhadap semua elemen masyarakat termasuk para kepala suku untuk bisa menerima agenda Pemerintah Pusat,” bebernya.

Diego berkeyakinan bahwa selain merupakan birokrat yang memiliki catatan prestasi, namun kedekatannya dengan masyarakat juga menjadi tolok ukur bagi Pemerintah menggeser¬†John Wempi Wetipo¬†dari sebelumnya Wamen PUPR beralih menjadi Wamendagri.”Ia juga bisa membantu meminimalisir konflik, serta membantu memberikan penjelasan soal DOB Papua,” katanya.

Terakhir, dengan penunjukkan John Wempi Wetipo sebagai Wamendagri, yang perlu masyarakat ketahui tentu karena Pemerintah juga ingin menunjukkan keberpihaknnya dengan menunjuk birokrat Papua berprestasi untuk posisi strategis tersebut.

Sebelumnya diketahui, John Wempi Wetipo resmi menjabat sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri), usai pelantikan Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Pelantikan itu berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 24 M Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. (Eko S/KN4)

 

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

nine + 16 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir