Kamis, Mei 23, 2024

Jubir Gabungan Fraksi DPR Papua Barat Dorong Pelaksanaan Sensus OAP

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Jurubicara Gabungan Fraksi Partai Politik dan Fraksi Otsus DPR Papua Barat, Agustinus Kambuaya, S.Sos, M.Si mengatakan pihaknya mendorong pelaksanaan Sensus khusus untuk orang asli Papua(OAP)  di Provinsi Papua Barat.

Kata dia, Sensus itu bertujuan memudahkan program pembangunan di Papua Barat, misalnya  di bidang  kesehatan, pendidikan, ekonomi kerakyatan serta infrastruktur  agar bisa tepat  sasaran. Hal ini disampaikan Agustinus Kambuaya saat pemaparan hasil Gabungan Fraksi DPR Papua Barat pada sidang pembahasan RAPBD Provinsi Papua Barat Tahun 2023 di salah satu hotel di Manokwari, Rabu (13/12/2022).

“Saya harap sensus Orang asli Papua (OAP) yang pernah dilakukan beberapa tahun lalu dan tidak selesai agar segera dilanjutkan dengan harapan ketika ada data OAP by name by adress maka bisa membantu pemerintah  memformulasikan program pembangunan di era Otsus jilid II agar tepat sasaran. Misalnya, di bidang pendidikan dimana salah satu penelitian dari DR. Agus Sumule, staf  pengajar di Unipa yang mengatakan angka putus sekolah di kalangan orang asli Papua di pedesaan grafiknya menjulang tinggi. Data itu dari mana? Jika kita punya data tentang OAP maka isu di sektor pendidikan dan kesehatan dapat ditangani dengan baik dan benar. Kita tidak bisa bantah data itu karena tidak memiliki data pembanding. Untuk itu, pelaksanaan Sensus untuk OPA sangat penting dan mendesak,” ungkapnya. (KN3)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

two × three =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir