Kamis, Mei 23, 2024

KPU Papua Barat Gelar FGD Wujudkan Pemilih Bersih

MANOKWARI, Kasuarinews.id – KPU Provinsi Papua Barat pada Senin (3/7/2023) menggelar kegiatan Focus Group Discusion (FGD) di salah satu hotel di Manokwari. Kegiatan ini dibuka oleh Ketua KPU Papua Barat, Paskalis Semunya dan dihadiri sejumlah tokoh masyarakat, TNI/Polri, perwakilan Partai Politik serta mahasiswa dan menghadirkan sejumlah narasumber.

Ketua KPU Paskalis Semunya pada kesempatan tersebut mengajak semua elemen masyarakat terutama para mahasiswa agar dapat berpartisipasi aktif untuk ikut menciptakan Pemilu yang bersih, jujur, adil dan bermartabat.

“KPU tidak bisa bekerja sendiri. Tetapi untuk mewujudkan Pemilu yang bersih semua pihak harus terlibat mulai dari penyelenggara, pengawas, TNI/Polri, masyarakat, termasuk mahasiswa,” ujar Paskalis.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Papua Barat Elias Ijie mengatakan bahwa sebagai pengawas Pemilu, Bawaslu di semua tingkatan punya peran sentral untuk memastikan bahwa hak-hak konstitusi dan demokrasi rakyat dapat dilaksanakan dengan baik melalui pelaksanaan Pemilu yang berkualitas dan bermartabat. Untuk itu, kata dia, dibutuhkan kerjasama, koordinasi dan peran serta semua elemen masyarakat, termasuk partai politik. “Kita semua berkomitmen menciptakan Pemilu yang bersih dan jujur dan hal itu datang dari diri kita sendiri. Kalo kita mau pasti bisa. Masyarakat juga dapat berperan misalnya dnegan ikut membantu Bawaslu, KPU, TNI/Polri dengan melapor jika terjadi sesuatu saat Pemilu misalnya soal kerawanan Pemilu agar dapat diantisipasi. Jadi sukses tidaknya Pemilu tergantung dari seruruh masyarakat,” ungkapnya. (KN4)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

six + 17 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir