Sabtu, Juli 20, 2024

Mendagri Resmikan Papua Barat Daya Jadi Provinsi Ke-38 di RI

JAKARTA, Kasuarinews.id – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meresmikan Provinsi Papua Barat Daya pada Jumat (9/12/2022). Peresmian tersebut digelar di Sasana Bakti Praja, Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta. “Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa, hari ini, Jumat 9 Desember 2022, bertempat di Jakarta, saya Muhammad Tito Karnavian, Menteri Dalam Negeri, atas nama Presiden Republik Indonesia dengan ini meresmikan Provinsi Papua Barat Daya berdasarkan Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2022,” ujar Tito seperti dilansir dari Kompas.com.

Peresmian ini pun ditandai dengan dilantiknya Muhammad Masa’ad sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Daya. Setelah itu dilakukan penabuhan tifa, alat musik khas Papua, serta penandatanganan prasasti peresmian oleh Mendagri Tito.

Dengan peresmian pada Jumat ini, Papua Barat daya telah sah menjadi provinsi ke-38 di Indonesia. Sebelumnya, pada 11 November 2022, Mendagri Tito meresmikan tiga provinsi baru di tanah Papua. Ketiga provinsi tersebut adalah Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan. Mendagri pun telah resmi melantik tiga penjabat gubernur untuk memimpin provinsi baru itu secara sementara. Ketiganya yakni Apolo Safanpo untuk Pj Gubernur Papua Selatan; Nikolaus Kondomo untuk Pj Gubernur Papua Pegunungan, serta Ribka Haluk untuk Pj Gubernur Papua Tengah. (KM/KN5)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

19 − nine =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir