Sabtu, Mei 18, 2024

DKR Papua Barat Beri Pelatihan Kepemimpinan bagi Para Pemuda di Kampung Aypiri, Manokwari

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) Provinsi Papua Barat pada Kamis (8/12/2022) menggelar pelatihan kepemimpinan dasar bagi sejumlah pemuda di Kampung Aypiri, Distrik Manokwari Timur dan sekitarnya.

Samuel Awom,  Ketua Dewan Kesehatan Rakyat Provinsi Papua Barat mengatakan pelatihan ini dilakukan dengan menyasar kaum muda terutama yang ada di kampung-kampung dengan tujuan utama agar melatih dan membekali para pemuda yang ada di kampung agar ke depan bisa menjadi pemimpin yang baik dan benar. “Jangan berpikir bahwa pemimpin itu hanya Presiden, gubernur, bupati, kepala dinas dan sebagainya. Pemimpin itu juga bisa berarti pemimpin dalam keluarga, di RT/RW, pemimpin bagi diri sendiri, kepala kampung, kepala suku dan sebagainya. Pelatihan kepemimpinan ini adalah  gelombang pertama yang diikuti kurang lebih 20 orang pemuda yang berasal dari sejumlah kampung di Distrik Manokwari Timur. Dan kita memilih Kampung Aypiri sebagai pilot projec dan jika berhasil akan menjadi contoh bagi kampung-kampung lainnya,” ungkap Awom menambahkan bahwa diharapkan 20 peserta gelombang pertama dapat juga melakukan sosialisasi kepada pemuda lainnya di kampung-kampung.

Sementara itu, Eko Samber Sekjen DKR Papua Barat mengatakan pelatihan Dasar Kepemimpinan Pemuda  ini merupakan awal dari Program DKR Provinsi Papua Barat dalam membina Pemuda di Papua Barat  sebagai bekal untuk menghadapi tantangan globalisasi ke depan “Dengan mengikuti pelatihan ini, kami berharap agar para pemuda dapat memiliki tingkat  kepercayaan diri untuk tampil sebagai pemimpin yang baik dan benar,” ujarnya.

Di sisi lain, Yeskel Saseva Ketua Panitia kegiatan ini mengatakan kegiatan tersebut digelar sehari penuh dengan pelbagi materi seperti  syarat dan model kepemimpinan di  masa lampau, masa kini dan masa depan, strategi memimpin baik pemimpin organisasi, pemimpin masyarakat, adat, pemimpin sosial, pemimpin gereja, LSM juga  pemerintah, teknik memimpin  rapat organisasi ketika berhadapan dengan orang yang bertentantangan, cara berdebat dan sebagainya.  (KN3)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

2 × 1 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir