Jumat, Juli 19, 2024

Rektor Unipa Manokwari Minta Pemerintah Buat Regulasi Untuk Meningkatkan Produksi Pangan Lokal

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Rektor Universitas Negeri Papua (Unipa) Manokwari, DR. Mecky Sagrim, MP meminta Pemerintah Provinsi Papua Barat maupun Pemerintah Kabupaten dapat segera membuat regulasi untuk pengembangan dan peningkatan produksi pangan lokal.
“Pemerintah baik provinsi maupun kabupaten harus segera membuat regulasi untuk meningkatkan produksi pangan lokal non beras,” ujar Sagrim, Rabu (12/4/2023).
Hal itu harus dilakukan kata Sagrim untuk mengantisipasi kelangkaan pangan. “Dan hasil riset dari para mahasiswa Unipa, Papua Barat sangat kaya akan pelbagai jenis pagan lokal seperti umbi-umbian, pisang, singkong, sagu, pelbagai jenis sayuran dan juga hewan,” jelas Sagrim.
Tetapi sampai saat ini, lanjut Sagrim belum ada regulasi yang menjadi payung hukum untuk pengembangan pangan lokal di Papua Barat yang amat beragam itu untuk mengantisipasi kelangkaan pangan pun saat pelaksanaan pesta adat.
“Sekali lagi Unipa kaya akan berbagai hasil riset yang dikerjakan oleh para mahasiswa khususnya dari Fakultas Teknologi Pertanian. Daripda hasil penelitian itu tinggal begitu saja maka kita meminta pemerintah segera membuat regulasi agar hasil riset itu bisa digunakan. Artinya, dengan regulasi maka ada ruang dimana anggaran tersedia sehingga semua hasil riset mahasiswa bisa didesiminasi dan disebarluaskan agar para petani dapat menggunakannya sebagai landasan teori untuk meningkatan produksi pangan lokal,” tandas Sagrim. (KN4)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

two + 19 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir