Senin, April 29, 2024

Setiap Agama Dapat Lakukan Penjaringan bagi Perwakilannya di MRP Papua Barat

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Ketua Panitia seleksi anggota MRP Papua Barat, Vitalis Yumte, S.Pd, M.Ling mengatakan bahwa setiap agama dapat melakukan seleksi untuk memilih wakilnya yang akan duduk sebagai anggota Majelis Rakyat Papua (MRP ) Provinsi Papua Barat.
“Jadi intinya, setiap agama baik GKI, Muslim, Katolik dan lainnya dapat menyeleksi kira-kira siapa yang akan mewakili agamanya di lembaga MRP Papua Barat,” ungkap Vitalis Yumte, Sabtu (15/4/2023) di salah satu hotel di Manokwari,
Itu artinya, kata Vitalis tahapan penjaringan 11 kursi MRP Papua Barat perwakilan agama dikembalikan ke setiap agama. “Dari 11 kursi perwakilan agama itu, Kristen Protestan dapat 7 kursi, Katolik 2 kursi dan Islam 2 kursi. Untuk 7 kursi bagi Kristen Protestan perinciannya, GKI di tanah Papua mendapat jatah 3 kursi, GPKAI 2 kursi, 1 kursi Pantekosta dan 1 kursi untuk Gereja Baptis. Jadi proses penjaringan diselesaikan secara internal oleh setiap agama dan Pansel hanya terima hasil. Terserah agama A mau usul berapa orang tetapi Panitia Seleksi tetap komitmen dengan keputusan pemerintah yang telah ditandatangani Gubernur terkait alokasi 11 kursi perwakilan agama itu,” tegas Vitalis.
Lanjut Vitalis, indikator yang digunakan untuk menentukan kursi jalur perwakilan agama adalah data umat. “Untuk itu, kami dari Pansel harapkan kerja sama semua agama sehingga tahapan selesi MRP Papua Barat berjalan lancar. Jadi sudah jelas, setiap agama mau usul berapa pun tetapi jatah setiap agama sudah sangat jelas,” terang Vitalis. (KN3)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

15 − 7 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir