Jumat, April 19, 2024

Terpilih Secara Aklamasi dalam Muskab IV, Yusran Mahdani Kembali Nahkodai PMI Manokwari

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Manokwari pada Sabtu (28/5/2022) menggelar Musyawarah Kabupaten (Muskab) ke-IV dengan mengusung tema, “Merajut Kebersamaan dalam Misi Kemanusiaan Melalui PMI yang Berkarakter, Profesional, dan Dicintai Masyarakat.” Muskab yang  dibuka secara resmi oleh Bupati Manokwari, Hermus Indou, S.IP, MH ini berlangsung di salah satu hotel di Manokwari dan secara aklamasi berhasil memilih H. Yusran   Mahdani sebagai ketua PMI Manokwari periode 2022-2027.

Bupati Manokwari, Hermus Indou dalam sambutannya mengatakan bahwa Muskab ke-IV PMI Kabupaten Manokwari amat strategis karena dapat memberikan penguatan secara internal kepada PMI Kabupaten Manokwari misalnya dengan melakukan pembenahan-pemabahan agar ke depan PMI makin menjadi baik dan kuat.

“Saya harap musyawarah ini dapat mewujudkan sistem organsiasi yang sehat, efektif dan produktif demi pengembangan organisasi untuk membantu menyelenggarakan fungsi-fungsi pemerintahan lain, terutama untuk membantu pemerintah daerah dalam penanganan masalah kemanusiaan seperti bencana maupun masalah tranfusi darah di Manokwari,” ujar Bupati sambil menambahkan bahwa mewujudkan organisasi yang sehat, tidak semudah membalik telapak tangan, namun membutuhkan pengorbanan serta proses dari waktu ke waktu. Untuk itu, Bupati Hermus meminta agar dalam organisasi termasuk PMI dibangun model kerja dengan mengedepankan kerja tim, bukan menonjolkan dominasi satu atau dua orang.

Pada kesempatan ini Bupati Hermus menegaskan bahwa  PMI Kabupaten Manokwari adalah organisasi sosial kemanusiaan yang tidak boleh dipolitisasi oleh siapapun karena dapat  menghancurkan marwah organisasi. Selain itu, PMI tidak boleh diintervensi oleh siapapun dan demi kepentingan apapun dan semua pihak harus membiarkan organisasi ini berjalan sesuai dengan marwahnya yaitu sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (ADRT).

“Sebagai mita kerja, pemerintah Kabupaten Manokwari tetap berkomitmen untuk mendukung efektifitas dari kinerja PMI di Kabupaten Manokwari,” tandas bupati.

Ketua PMI Kabupaten Manokwari, H. Yusran Mahdani mengatakan bahwa sebagai organisasi kemanusiaan, PMI telah ikut berperan melakukan terobosan dan perubahan-perubahan untuk membantu masyarakat. Misalnya, PMI selalu berada di garis depan penanganan bencana, donor darah dan aksi  kemanusiaan lainnya.

Kata Yusran, PMI Manokwari punya cita-cita dan tekad untuk ikut andil dalam pemenuhan kebutuhan darah di Kabupaten Manokwari karena kebutuhan darah semakin meningkat sementara persediaan stok darah di Manokwari masih sangat terbatas. “Kami hanya berhadap agar ke depan, PMI tetap menjadi mitra strategis  pemerintah dan menjadi mitra yang bermanfaat dengan lembaga lainnya. Dan sampai saat ini, PMI Manokwari belum memiliki unit donor darah, sehingga diharapkan keinginan tersebut bisa diwujudkan ke depannya. Saya juga berharap PMI Kabupaten Manokwari dapat menjalankan program yang sudah disusun sehingga masyarakat dapat merasahkan manfaatnya,” ungkap  Yusran. (KN2)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

four × 1 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir