Sabtu, April 20, 2024

Bawaslu Silaturahmi ke DPD PDI Perjuangan Papua Barat

MANOKWARI, Kasuarinews.id  – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Papua Barat pada Kamis (25/8/2022) melakukan silaturahmi ke DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua Barat. Kehadiran rombongan Bawaslu Papua Barat ini dipimpin anggota Bawaslu Abraham Ramandey (Divisi Penanganan Pelanggaran Pemilu)  dengan sejumlah stafnya disambut hangat h  anggota DPD PDIP Papua Barat H. Salah Siknun, Mateus Menteng, ST, Beny Supit dan Jo Kelwulan.

Abraham Ranandey pada kesempatan ini mengatakan bahwa kunjungan Bawaslu ke DPD PDIP Papua Barat dalam rangka silaturahmi. “Bawaslu Papua Barat terbagi dalam beberapa tim yang melakukan silaturahmi ke semua partai politik, baik parpol lama maupun baru,” ujarnya.

Kata dia, silaturahmi yang dilakukan dalam tahapan proses verifikasi administrasi bertujuan utama untuk mengecek ke setiap parpol perihal kendala yang dihadapi di setiap parpol di tingkat kabupaten/kota karena hal tersebut berpotensi untuk melakukan gugatan.

Selain itu menurut Ramandey,  silaturahmi juga bertujuan untuk membangun sinergitas dan kesepahaman antara Bawaslu dengan partai politik sehingga, dapat mencegah terjadinya pelanggaran pada tahapan   pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilu 2024.

Dia juga mengatakan bahwa ada empat poin   utama yang harus diperhatikan oleh partai politik pada tahapan verifikasi administrasi. “Sejumlah warga masyarakat maupun penyelenggara Pemilu  diduga namanya dicatut sebagai anggota partai politik, partai politik tingkat provinsi perlu menyampaikan hambatan-hambatan terkait dengan jalannya proses verifikasi administrasi yang dilakukan oleh KPU Kabupaten/Kota, melengkapi dokumen persyaratan dalam verifikasi administrasi jika terdapat perbaikan dokumen sesegera mungkin sebelum batas akhir tindak lanjut perbaikan serta partai politik perlu melaporkan kepada Bawaslu jika ditemukan adanya dugaan pelanggaran selama proses pendaftaran dan verifikasi administrasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakabid Organisasi DPD PDIP Papua Barat, H. Saleh Siknun, SE pada kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih ke Bawaslu Papua Barat yang melakukan silaturahmi ke DPD PDIP Papua Barat. “Dengan silaturahmi ini, kami memperoleh banyak masukan dan pemahaman baru terutama menyangkut tahapan proses verifikasi administrasi nantinya sehingga kami dapat bergerak cepat mempersiapkan segala hal yang mungkin masih kurang,” ungkap Saleh. (KN4)

 

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

eighteen + 5 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir