Minggu, Mei 5, 2024

DPP PKP Papua Barat Apresiasi Bawaslu Papua Barat

MANOKWARI, Kasuarinews.id –  Ketua Dewan Pimpinan Provinsi Partai Keadilan dan Persatuan (DPP PKP) Papua Barat (PB), Xaverius Kameubun, SH mengapresiasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Papua Barat. Pasalnya, institusi pengawas pelaksanaan pesta demokrasi ini berinisiatif mendatangi setiap sekretariat partai politik (Parpol). Salah satunya, mendatangi sekretariat dan berdiskusi dengan pengurus DPD PKP PB, Rabu (24/8).

“Kami DPP PKP Papua Barat mengapresiasi kehadiran tim Bawaslu Papua Barat untuk melakukan sosialisasi dan himbauan dalam menghadapi pelaksanaan pesta demokrasi nanti. Himbaun ini untuk meminimalisir dan mencegah terjadinya berbagai pelanggaran yang dihadapi saat pelaksanaan pesta demokrasi,” kata Xaverius.

Sementara itu, Fredrik Abidondifu, pimpinan Bawaslu PB yang membidangi Hukum, Humas, Data dan Informasi menjelaskan, pihaknya berinisiatif melakukan kunjungan ke setiap sekretariat Parpol dengan tujuan utama untuk saling berkoordinasi dan sosialisasi kepada seluruh parpol terkait pemenuhan syarat pendaftaran Parpol sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan. Hal itu kata dia, sesuai dengan  SE Bawaslu RI No.  16 Tahun 2022 tentang pencegahan terhadap dugaan pelanggaran dan potensi sengketa proses tahapan pendaftaran, verifikasi dan penetapan parpol peserta Pemilu tahun 20224.

“Kunjungan yang kami lakukan ini sesuai dengan SE Bawaslu RI dengan tujuan melakukan sosialisasi terkait pesta demokrasi yang dihadapi nanti, sehingga pelaksanaannya kelak dapat berjalan dengan baik, benar dan sesuai mekanisme yang berlaku. Salah satunya, Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017,” tegas Fredrik. (Omar)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

5 × 2 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir