Sabtu, April 20, 2024

Buka Rakorwil ADKASI se-Tanah Papua di Sorong, JJW: Bangun Papua Tidak Cukup dengan Kata-Kata

SORONG, Kasuarinews.id – Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo (JWW) secara resmi membuka  Rakorwil  ADKASI (Asosisi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia) dan Workshop Nasional se-tanah Papua pada Kamis (20/10/2022) di salah satu hotel yang terletak di Kampung Baru, Kota Sorong.

Dalam sambutannya, Wempi Wetipo mengatakan Rakorwil ini harus menjadi momentum untuk mencari solusi bagi semua permasalahan yang ada di tanah Papua. Untuk itu, dia meminta agar rakyat Papua bersatu demi membangun Papua agar menjadi lebih baik. “Ini forum yang sangat baik dan istimewa karena berhasil mempertemukan saudara-saudara dari Provinsi  Papua dan Papua Barat. Dari forum ini dapat lahir banyak ide dan gagasan luar biasa untuk membangun Papua ke depan. Dan hal itu hanya bisa tercapai jika kita bersatu,” ujar Wempi.

Pada kesempatan ini, Wamendagri Wempi Wetipo meminta agar DPRD se-tanah Papua dapat mengawal berlangsungnya roda pemerintahan di tanah Papua, termasuk mengawal pelaksanaan Otsus agar orang asli Papua (OAP) dapat merasahkan manfaatnya. Otsus yang diberikan kepada rakyat Papua adalah rahmat dan anugrah karena dapat membuka kesempatan bagi OAP untuk menjadi tuan di negerinya sendiri,” jelas Wempi.

Kata Wempi, menjadi tuan di negeri sendiri tidak hanya cukup dengan kata-kata tetapi harus diakutualisasikan lewat tindakan nyata. Untuk itu, dia meminta agar DPRD juga dapat mendukung pelaksanaan Otsus, tidak hanya para gubernur, bupati atau walikota.

“Papua ini memiliki potensi yang sangat besar baik di laut, hutan, di dalam perut bumi. Yang dilakukan  saat ini adalah  membuka ruang agar Papua lebih berkembang ke depan. Dan UU serta Peraturan yang telah disahkan pemerintah dapat menjadi landasan untuk membangun Papua ke depan. “Sekali lagi saya minta pimpinan DPRD dukung pemerintah. Mari kita bergandengan tangan bersama gubernur, bupati, walikota untuk membangun Papua menjadi lebih baik,” tandas Wempi. (KN1)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

15 + 13 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir