Minggu, Mei 19, 2024

Dinsos Papua Barat Gelar Rakornis Kesos 2022

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Dinas Sosial Provinsi Papua Barat menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Pembangunan Bidang Kesejahteraan Sosial Provinsi Papua Barat Tahun 2022. Kegiatan Rakornis ini bertujuan untuk menyamakan pandangan tentang pentingnya validasi DTKS untuk mendapatkan data yang akurat dan valid. Kegiatan yang menjadi agenda tahunan instansi sosial se-Papua Barat ini berlangsung selama 3 (tiga) hari, mulai dari tanggal 6 s/d 8 April  2022.

Kepala Dinas Sosial Papua Barat, Lasarus Indouw, SP M.Si mengatakan bahwa Rakornis Pembangunan Bidang  Kesejahteraan Sosial Provinsi Papua Barat  yang dilaksanakan  tiap tahun selama tiga tahun berturut –turut,  dan tahun 2022 digelar di   Manokwari dihadiri seluruh Kepala Dinas Sosial Kabupaten/kota. Kegiatan tersebut, kata Lasarus, bertujuan untuk menginput semua data dari kampung, distrik, kota  dengan harapan Dinas  Sosial   kabupaten /kota bisa menghimpun dan melakukan verifikasi data dengan sistem data by name by adress. Misalnya, data soal kemiskinan yang  dibagi berdasarkan lokasi dimana ada  kemiskinan di kota, kemiskinan di pulau- pulau terpencil dan pesisir serta batas negara. Juga data mengenai  jaminan perlindungan sosial seperti  menyangkut bantuan bencana sosial, program keluarga harapan dan aneka bantuan social lainnya.

“Dalam Rakornis, Dinsos dari kabupaten/kota memaparkan masalah di daerah termasuk menjabarkan program juga capaiannya selama ini. Misalnya,  masalah disabilitas   dan penanganannya, juga isu kemiskinan di daerah masing masing agar  dibahas bersama menjadi satu   program kerja  Dinsos Papua Barat yang nantinya dibahas dalam Musrembang Provinsi Barat. Dan bila disetujui Bapeda maka  akan jadi model program yang digarap bersama  Dinas Sosial d Papua Barat,” urai Lasarus.

Pada kesempatan ini, Lasarus juga menyampaikan terima kasih kepada Kabupaten Sorong Selatan yang telah bersedia menjadi tuan rumah untuk kegiatan Rakornis Dinsos Papua Barat tahun 2023 mendatang. (AN)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

16 + 6 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir