Sabtu, Mei 18, 2024

Ini Tiga Nama Yang Diusulkan DPR Papua Barat sebagai Pj. Gubernur

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Menindaklanjuti surat Mendagri Nomor 100.2.1.3/1774/SJ tanggal 27 Maret 2023 tentang usulan nama calon Penjabat Gubernur, DPR Papua Barat menggelar pertemuan tertutup.

Agenda pertemuan tersebut membahas tentang 3 nama Calon Penjabat Gubernur Papua Barat di Aston Niu Manokwari, Senin (3/4/2023).

Ketua DPR PB Orgenes Wonggor, S.IP didampingi Ketua Komisi V, Syamsudin Seknun ditemui wartawan usai rapat menjelaskan sejumlah nama telah diakomodir dalam pertemuan bersama 7 pimpinan fraksi, serta usulan sejumlah nama dari aliansi masyarakat dan juga Kepala Suku Doreri.

Dia mengatakan lebih dari tiga nama calon Penjabat Gubernur Papua Barat yang akan diseleksi Kemendagri untuk mengisi jabatan tersebut, dimana Pj Gubernur yang saat ini dijabat Drs Paulus Waterpauw,M.Si akan berakhir pada tanggal 12 Mei 2023 mendatang.

“Pertemuan tadi semua fraksi mengusulkan nama-nama, ditambah oleh aliansi masyarakat dan juga yang tadi baru masuk dari kepala suku doreri dan nantinya akan diakomodir ke pusat. Secara umum, semua kepentingan tadi sudah masuk dalam hasil pertemuan,” kata Wonggor.

Disinggung soal nama Paulus Waterpauw, yang disebut-disebut dinilai sejumlah komponen masih layak untuk dicalonkan, Wonggor tidak dapat memastikan.

“Banyak nama yang kita sudah usulkan. Untuk nama belum bisa kita sampaikan, masih menjadi hasil internal. Dari pusat yg akan sampaikan,” jelasnya.

Lebih lanjut Wonggor mengatakan, hasil pertemuan tersebut rencananya akan dibawa besok ke Pusat.

“Besok dibawa, paling lambat hari rabu,” tandasnya.

Sementara itu Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPR Papua Barat, Robert Manibuy yg dihubungi terpisah mengatakan dinamika pembahasan nama-nama calon Pj. Gubernur Papua Barat oleh Fraksi-Fraksi di DPR Papua Barat berjalan kondusif meski diskorsing beberapa kali karena mengalami dead lock terkait calon yang diusulkan. “Setelah mengalami beberapa kali skorsing, akhirnya dari kurang lebih 9 nama calon, ada 3 nama yang disetujui Fraksi-Fraksi di DPR Papua Barat untuk dibawah ke pusat yaitu Paulus Waterpauw (Pj. Gubernur Papua Barat saat ini), Felix Wanggai (Deputy V Istana Wakil Presiden RI) dan Sugeng (Pejabat di Kementerian). (KN5)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

two × two =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir