Senin, Desember 11, 2023

Ketua DPRD Pegaf: Peningkatan Kualitas SDM Harus Jadi Prioritas Pemerintah Daerah

MANOKWAI, Kasuarinews.id – Ketua DPRD Kabupaten Pegunungan Arfak, Yustus Toansiba, S.IP meminta agar pemerintah daerah Kabupaten Pegunungan Arfak memberikan porsi yang lebih besar dalam hal peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) baik ASN maupun masyarakat Pegaf sendiri.

“Kita dari legislatif mendesak agar peningkatan kualitas SDM harus jadi prioritas pemerintah Pegaf dan hal itu harus dimasukan dalam penyusunan rencana strategis pembangunan jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Karena jika mau jujur, SDM di Pegaf masih tertinggal dengan daerah lainnya di Papua Barat,” ungkap Yustus, Selasa (9/11/2021) di salah satu hotel di Manokwari.

Yustus kemudian memberikan contoh yang sangat sederhana dalam SDM Aparatur Sipil Negara di Pegaf. “Sistem keuangan baru yang dulunya SIMDA dan kini beralih ke SIPD. Itu adalah sistem baru dan sampai saat ini banyak ASN di Pegaf belum begitu paham soal hal itu. Maka butuh pendampingan dan pelatihan yang terus menerus dan dilakukan secara berkala agar ASN terbiasa dengan sistem tersebut. Maka pembangunan SDM itu  harus jadi prioritas sehingga Pegaf dapat mengejar ketertinggalan sehingga bisa  bersaing dengan daerah lainnya di Papua Barat,” ungkapnya.

READ  Upacara HUT Kabupaten Pegunungan Arfak ke-9, Bupati Ajak ASN Selalu Berada di Tempat Tugas

Lanjut Yustus, peningkatan kualitas SDM Pegaf itu sangat penting agar ke depan, masyarakat Pegaf dapat terlibat secara aktif untuk membangun sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan lainnya. “Pegaf ini punya keungulan di bidang pertanian, periwisata, perkebunan dan lainnya. Maka pemerintah harus menyiapkan SDM agar kelak dapat mengelola dan menggarap sektor tersebut misalnya dengan membuka Sekolah Menegah Pertanian, SMK Pariwisata dan lainnya. Jadi pemda Pegaf harus investasi di bidang peningkatan SDM. Selain mendirikan sekolah, kami dorong pemda mengirimkan anak-anak Pegaf untuk studi ke luar daerah dengan mendalami ilmu pertanian, agrobisnis, peternakan, pariwisata, kedokteran dan lainnya,” tandas Yustus sambil menambahkan jika SDM aparatur dan masyarakat sudah baik maka mereka sendirilah yang kelak dapat melahirkan konsep, terobosan dan merealisasikan mimpi untuk membangun Pegaf ke depan baik di bidang pertanian, perkebunan, pariwisata dan lainnya.  (AN)

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir

error: Content is protected !!