Sabtu, April 20, 2024

Kodam XVIII Kasuari Gelar Sosialisasi dan Buka Rekruitmen Komponen Cadangan

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Kodam XVIII/ Kasuari pada Selasa (31/1/2023) menggelar sosialisasi sekaligus membuka rekruitmen Komponen Cadangan (Komcad) yang diperuntukan bagi masyarakat umum. Hal ini merupakan  implementasi Undang-undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang pengelolaan sumber daya Nasional untuk pertahanan negara di wilayah. Sosialisasi ini dipimpin Dirjen Pothan Kemenhan RI Mayjen TNI Dadang Hendrayudha didampingi Kasdam XVIII Kasuari Brigejen TNI Yusuf Ragainaga.

Dan seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) dapat berpartisipasi sebagai Komcad dari berbagai kalangan, mulai dari ASN, Karyawan BUMN/D, Swasta, Mahasiswa. Pendaftaran Komponen Cadangan sudah mulai di buka pada 2 Januari hingga 14 April mendatang.

Merujuk Peraturan Pemerintah atau PP Nomor 3 Tahun 2021, keberadaan Komcad diartikan sebagai sumber daya nasional. Komcad dipersiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi memperbesar dan memperkuat kemampuan komponen utama.

Dirjen Pothan Kemenhan RI Mayjen TNI Dadang Hendrayudha usai sosialisasi berharap agar sosialisasi nantinya dapat menarik antusias masyarakat dalam rekrutmen Komcad. “Saya berharap kegiatan sosialisasi ini dapat di sampaikan kepada seluruh masyarakat agar animo masyarakat lebih banyak lagi untuk mengikuti Komponen Cadangan ini”, tuturnya.

Dia menjelaskan Komponen Cadangan ini dapat menjadi gambaran untuk masyarakat melalui aura yang diberikan dalam menunjukkan jiwa bela negara. “Dengan adanya Komcad ini menjadi roll model yang akan kembali ke pemerintah dan pekerjaannya, intinya mereka dapat kembali dan memberikan aura positif untuk lingkungan dan masyarakat terutama untuk bangsa dan negara”, jelasnya.

Sementara itu, Kasdam XVIII Kasuari Brigejen TNI Yusuf Ragainaga menegaskan bahwa Kodam telah melakukan persiapan-persiapan untuk rekrutmen calon Komcad. “Persiapan dari Kodam sudah dilakukan proses rekrutmen baik dari pemerintahan, masyarakat di Provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya. Antusias hari ini cukup luar biasa, dan Kodam akan bekerja keras”, ujarnya.

Tahun ini ada 5 Kodam yang menjalankan rekrutmen Komcad dan Kodam Kasuari salah satu yang diamanatkan merekrut Komcad. Pemerintah Provinsi Papua Barat yang diwakili Staf Ahli Gubernur Niko U. Tike menyambut baik rekruitmen Komcad di wilayah Papua Barat. “Kami menyambut baik program ini, hal yang baik untuk bisa menjadi penopang masyarakat yang ada”, ungkapnya.

Dalam Sosialisasi tersebut juga dilaksanakan paparan tentang mekanisme rekrutmen Komponen Cadangan TA. 2023, meliputi:

  1. Sosialisasi dari Pusat tanggal 30 Januari s.d 1 Februari 2023 oleh Ditjen Pothan Kemenhan RI di Kodam XVIII/Kasuari.
  2. Tahap I Tanggal 2 Januari s.d 14 April 2023 Pendaftaran Online.
  3. Tahap II Tanggal 17 April s.d 25 April Peserta Hadir untuk pengecekan administrasi fisik datang ke Kodam/Korem/Kodim.
  4. Tahap III Tanggal 26 April s.d 5 Mei 2023 seleksi Kompetensi di Makodam XVIII/Kasuari di akhiri dengan Pantukhir.
  5. Tahap IV tanggal 8 Mei s.d 5 Agustus 2023 Pelaksanaan Latsarmil di Rindam.
  6. Pelantikan/Penetapan pada minggu ke II bulan Agustus secara terpusat.

Sebagai informasi, pendaftaran dapat dilakukan dengan: mengunjungi website:http://komcad.kemenhan.go.id waktue pendapaftanan online 2 Januari s/d 14 April atau mobile apps. Dan pendaftaran diterima usia 18 s/d usia 35 Tahun dan tidak dipungut biaya.  (KN5)

 

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

one × three =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir