Sabtu, Juli 20, 2024

Lahan Gambut Seluas 25 Hektar di Snowmeba Anggi Terbakar

ANGGI, Kasuarinews.id – Lahan gambut sekitar Bandara Snowmeba Angg,  Kabupaten Pegunungan Arfak pada Sabtu (13/11/2021) sekira pukul 15.00 WIT terbakar.

Penyebab kebakaran lahan gambut di kompleks Bandara Snowmeba Kampung Imbay Distrik Anggi masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. Namun kuat dugaan bahwa penyebab kebakaran lahan gambut adalah ulah dari warga masyarakat yang akan membuka lahan pertanian baru.

Sulitnya medan berupa tanah gambut yang berlumpur dan minimnya sarana prasarana alat pemadam kebakaran serta faktor cuaca berupa angin yang kencang menjadi kendala tersendiri dalam upaya memadamkan api.

“Metode membakar lahan dalam membuka lahan baru untuk lahan pertanian sudah menjadi tradisi bagi sebagian besar warga masyarakat di wilayah Kabupaten Pegunungan Arfak,” ujar Kristian Dowansiba, warga setempat.

Kapolsek Anggi IPDA Dwi Maryanto bersama jajarannya dibantu oleh personil Kodim Persiapan Kabupaten Pegaf dan warga masyarakat mencoba memadamkan api menggunakan alat seadanya agar api tidak menjalar ke pemukiman warga kampung Hungku dan Bandara Snowmeba sekitar danau Anggi.

“Kami terkendala saat menuju awal titik api yang berada di pinggir danau karena medannya rawa. Namun sekitar pukul 18.06 WIT, Personil Polsek Anggi, personil Kodim Persiapan Pegaf dan warga masyarakat baru berhasil memadamkan api yang membakar lahan gambut di kompleks Bandara Snowmeba dan Kampung Hungku Distrik Anggi Kabupaten Pegunungan Arfak seluas 25 hektar,” kata Dwi Maryanto.

Saat ini Kanit Reskrim dan Kanit Intelkam Polsek Anggi mencari dan mengumpulkan keterangan dari sebagian warga masyarakat terkait asal mula kebakaran dan siapa pelaku pembakaran lahan gambut untuk membuka lahan pertanian baru itu. (ED)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

5 × one =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir