Rabu, Juni 19, 2024

LP3BH Manokwari Minta Polda Papua Barat Segera Tetapkan Tersangka Dugaan Penyalahgunaan Dana Hibah Pemkab Sorsel ke Yayasan Tipari

MANOKWARI, Kasuarinews.id- Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari, Yan Ch. Warinussy, SH dalam pres rilisinya, Kamis (16/12/2021)   terus mendorong Kapolda Papua Barat Irjen Pol.Tornagogo Sihombing dan jajaran penyidik tindak pidana korupsinya pada Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit.Reskrimsus) untuk menindaklanjuti proses penyelidikan kasus dugaan penyalahgunaan dana hibah Pemerintah Daerah Kabupaten Sorong Selatan tahun anggaran 2017, 2018 dan 2019.

Kata Warinussy, dana tersebut diduga “mengalir” ke Yayasan Tipari, salah satu organisasi sosial yang diduga pembinaannya adalah Samsuddin Anggiluli, SE yang saat ini sebagai Bupati Sorong Selatan. Sementara Yayasan Tipari diketui oleh Ny.Beatrix Msiren yang adalah First Lady (Istri Bupati Sorong Selatan tersebut).

“Diduga dana ynag mengalir dalam 3 (tiga) tahun anggaran tersebut berkisar sekitar 7,8 Milyar rupiah. Diduga pula dana tersebut digunakan untuk membangun kampus Universitas Werisar di Teminabuan, Kabupaten Sorong Selatan. Namun sayang sekali karena hingga data dikumpulkan oleh kontak person kami di Teminabuan, bangunan perguruan tinggi swasta dimaksud hanya berdiri tiang-tiangnya saja yang sudah ditumbuhi rerumputan dan hutan. Sementara tenaga pengajar juga kebanyakan diambil dari luar Teminabuan dan luar Tanah Papua yang patut diduga fiktif,” ungkap Warinussy.

Dengan demikian, kata Warinussy,  menurut data terbaru yang kami miliki per Rabu (15/12), kampus Universitas Werisar sama sekali belum berdiri dan belum digunakan, sebab masih sekedar tiang tiang bangunan yang sudah ditumbuhi rerumputan dan tidak terawat. Sehingga patut diselidiki lebih lanjut oleh aparat penegak hukum, sehingga dapat ditingkatkan ke tahap penyidikan dengan menetapkan siapa tersangkanya menurut UU RI No.8 Tahun 1981 Tentang Kitab Undang Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP). (Omar)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

20 − 20 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir