Sabtu, Juli 20, 2024

Pemprov Papua Barat akan Bangun Tiga Unit Rumah Ketahanan Pangan Tahun Ini

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Dinas Ketahanan Pangan akan membangun tiga unit rumah ketahanan pagan  tahun ini  dimana pembiayaannya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023. Hal ini diungkapkan Kadis Ketahanan Pangan Papua Barat, Lasarus Ullo, Kamis (5/1/2023).

“Pembangunan tiga unit rumah ketahanan pangan tersebut untuk melanjutkan program pembangunan rumah inovasi ketahanan pangan dan akan dibangun di Manokwari Selatan, Kaimana dan Fakfak. Dan rumah ketahanan pangan  itu akan dilengkapi juga dengan  peralatan pengolahannya,” tutur Lasarus Ullo.

Menurut Lasarus, rumah ketahanan pangan itu akan  dimanfaatkan untuk menampung komoditas pangan lokal yang diolah menjadi produk turunan bernilai ekonomis tinggi.

Kata Lasarus, rumah ketahanan pangan yang dibangun di Kaimana untuk menampung komoditas unggulan lokal seperti pisang. “Selama ini, pisang dari Kaimana sering dijual di Nabire dan Timika dan daerah lainnya karena pasar di Kaimana sudah tidak mampu menampung jadi dijual ke daerah lain. Sedangkan untuk Mansel, rumah ketahanan pangan dibangun untuk menampung  dan mengolah komoditas lokal seperti keladi, pisang dan ubi jalar. Itu sama halnya dengan di Fakfak,” ungkap Lasarus menambahkan setelah selesai dibangun akan diserahkan kepada Pemda setempat.

Tujuan pembangunan rumah ketahanan pangan kata Lasarus  agar komoditas pangan lokal dari setiap kabupaten di Papua Barat memiliki peningkatan kualitas dari sisi pengolahan produk turunan. (KN5)

 

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

9 + 1 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir