Sabtu, April 20, 2024

Pemprov Papua Barat Anggarkan 40 Persen di APBD 2023 Untuk Pemilu 2024

MANOKWARI, Kasuarinews.id  – Untuk mematangkan persiapan Pemilu serentak 2024 mendatang, pada Kamis (23/2/2023) digelar pertemuan yang melibatkan Badan Kesbangpol  Papua Barat, BPKAD dan Biro Pemerintahan bersama KPU dan Bawaslu Papua Barat. Pertemuan tersebut bertujuan untuk menindaklanjuti  pembahasan dana hibah Pemerintah Provinsi Papua Barat kepada lembaga penyelenggara pemilu.

Plt. Kepala Badan Kesbangpol Papua Barat Edison Ompe mengatakan tujuan pertemuan OPD teknis dengan KPU dan Bawaslu untuk merasionalisasikan anggaran Pemilu serentak yang dianggarkan Kabupaten dan Provinsi sesuai dengan item yang dibutuhkan.

Dan sesuai dengan kekuatan anggaran, kata Edison Ompe,  Pemprov Papua Barat telah menganggarkan 40 persen dari nilai total yang diusulkan KPU dan Bawaslu. “Nanti rapat berikutnya sudah disesuaikan. Namun yang pasti, pada APBD tahun 2023 dianggarkan 40 persen disesuaikan dengan Peraturan Gubernur (Pergub),” ujar Edison kepada awak media Kamis siang.

Edison Ompe mengatakan bahwa  untuk 60 persen sisanya akan dianggarkan pada 2024, namun KPU dan Bawaslu Papua Barat belum juga menyampaikan total anggaran setelah dirasionalkan. “Bawaslu dan KPU masih rasionalkan dulu anggaran masing-masing, nanti pertemuan berikut akan mereka sampaikan totalnya,” ungkapnya.

Sebelumnya Ketua KPU Papua Barat Paskalis Semunya mengatakan pihaknya sudah mengusulkan kebutuhan anggaran dalam pemilu serentak tahun 2024 kepada Pemerintahan provinsi Papua Barat sebesar Rp 556 milyar namun pada saat itu masih bergabung dengan Provinsi Papua Barat Daya.

Saat ini pihaknya masih melakukan finalisasi sehingga belum dipastikan total anggaran yang dibutuhkan KPU dalam pelaksanaan tahapan pemilu serentak 2024 di Provinsi Papua Barat.

Di sisi lain, Ketua Bawaslu Provinsi Papua Barat Elias Idie mengatakan pihaknya telah mengusulkan anggaran Pemilu tahun 2024 ke Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Kesbangpol sebagai OPD teknis sebesar Rp 300 milyar. (KN5)

 

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

5 × one =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir