Sabtu, April 20, 2024

Pemprov Papua Barat Gandeng BI Gelar Pelatihan Onboarding bagi UMKM

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Pemprov Papua Barat Gandeng BI Gelar Pelatihan Onboarding bagi UMKM
ief Suaeri, M.Si. didampingi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat serta perwakilan Pimpinan OPD / pejabat lainnya dari Pemerintah Provinsi Papua Barat. Kegiatan ini diikuti oleh 55 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Provinsi Papua Barat.
Pj. Guberrnur dalam sambutannya yang dibacakan Asisten III mengatakan bahwa UMKM memiliki posisi penting dalam perekonomian nasional sebagai penyumbang produk nasional bruto perkapita income bagi negara. Untuk itu, kolaborasi nasional diharapkan dapat mendorong UMKM ke arah yang lebih baik demi tubuh kembangnya ekonomi nasional.
“Saya berharap dengan pelatihan ini dapat membantu UMKM agar memiliki pengetahuan yang mumpuni demi mengembangkan usaha mereka ke depan. Saya juga berterima kasih kepada BI yang menyelenggarakan kegiatan ini. Kita berharap dengan pelatihan ini UMKM di Papua Barat mendapat pemahaman baru demi kemajuan UMKM sebagai mitra pembangunan ekonomi,” ujar Abdul Latief Suaeri yang membacakan sambutan Pj. gubernur.
Sementara itu, Kepala Perwakilan BI Papua Barat, Rommy S. Tamawiwy, mengatakan pelatihan onboarding UMKM Papua Barat 2023 menitikberatkan pada digitalisasi dan literasi finansial.
Oleh sebab itu, kata dia, dalam pelatihan UMKM kali ini, BI Papua Barat mengandeng startup edtech Belajarlagi dari Jakarta sebagai mentor online tentang starategi marketing digital untuk mengembangkan usaha.
Sehingga, pelaku UMKM diharapkan dapat meningkatkan eksistensi dan transaksi penjualan produk melalui pemasaran yang masif secara digital.
“Supaya membuat UMKM Papua Barat yang produktif, inovatif dan adapatif, memang butuh sinergi dan kolaborasi. Dengan begitu saya yakin, UMKM Papua Barat bisa bangkit,” ujar Rommy.
“Mari kita jaga potensi ekonomi kita sebab banyak hal yang bisa memporak-porandakan potensi kebhinekaan kita dan lewat momen ini kita perjuangkan semangat persaudaraan sebab kita semua bersaudara di Papua Barat ini. Semua ini demi membangun sinergi kolaborasi untuk bangun UMKM di tanah ini,” ujarnya lebih lanjut. (KN4)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

twenty − 11 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir