Minggu, Juni 16, 2024

Pj. Gubernur Minta Masyarakat Papua Barat Manfaatkan Lahan Kosong agar Produktif

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Pj. Gubernur Papua Barat Provinsi Papua Barat, Paulus Waterpauw dalam pelbagai kesempatan saat memberi sambutan dan arahan, selalu mengajak seluruh warga masyarakat di Provinsi Papua Barat agar dapat memanfaatkan lahan kosong miliknya, misalnya dengan menanam pelbagai jenis tanaman agar dapat produktif.

“Saya lihat, di kiri-kanan, depan belakang terlalu banyak lahan kosong. Sangat disayangkan jika tidak dimanfaatkan dan dikelola dengan baik agar lahan kosong itu produktif. Hal ini tergantung dari semangat dan kesungguhan. Jangan terlalu hidup manja,” pesan Waterpauw saat melakukan Kunker ke Mansel pekan lalu.

Waterpauw pun memberi tawan untuk pengelolaan lahan kosong tersebut dengan skema kerjasama. “Masyarakat dan pemerintah bisa kerjasama. Artrinya, masyarakat siapkan lahan, pemerintah sediakan bibit. Dan hasilnya dapat dibagi bersama. Tapi untuk yang pertama dinikmati dulu oleh pemilik lahan,” ungkap Waterpauw yang merasa sungguh miris dengan begitu banyak lahan kosong di Papua Barat namun belum dimanfaatkan secara maksimal.

Kata dia, Pemerintah akan terus mendorong warga masyarakat agar terus dapat memanfaatkan lahan kosong itu. “Situasi dunia saat ini dihadapkan dengan resesi global dan sejumlah negera diambang kehancuran. Dan untuk meningkatan ketahanan masyarakat, kita dapat memanfaatkan  lahan kosong untuk bercocok tanam. Tanah kita di Papua Barat begitu subur. Buang batang kasbi dan pisang saja bisa tumbuh. Jika lahan-lahan kosong itu ditanami dengan tanaman produktif jangka pendek, menengah dan panjang akan berdampak begitu besar bagi pereknomian masyarakat, “tandas Waterpauw. (KN3)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

5 × 2 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir