Senin, Juni 17, 2024

Berlinda Mayor Jadi Perempuan OAP Pertama Pimpin Pengadilan Negeri di Papua Barat

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Berlinda Ursula Mayor menjadi perempuan hakim Orang Asli Papua (OAP) pertama yang menjabat sebagai ketua Pengadilan Negeri (PN) di tanah Papua, yakni di Manokwari, Papua Barat, setelah dilantik oleh Ketua Pengadilan Tinggi Papua Barat Hery Supriyono pada Kamis (5/1/2023).

Berlinda juga menjadi putri daerah asal Papua yang pertama kali menjadi ketua PN Manokwari sejak pengadilan itu terbentuk di 1966. “Yang kami lantik adalah anak  daerah dan baru satu-satunya di Papua pengadilan negeri dijabat oleh seorang wanita,” kata Hery.

Berlinda Mayor dilantik berdasarkan Surat Keputusan (SK) Mahkamah Agung (MA) RI Nomor 2457/DJU/SK/KP.045/11/2022 tentang Promosi Ketua Wakil Ketua dan Hakim Pengadilan Negeri. Wanita kelahiran Jayapura pada 4 Desember 1974 tersebut merupakan putri dari mantan ketua PN Jayapura Efraim Mayor.

“Saya yakin sejarah ini akan terus berlanjut karena melihat gelar akademis yang dimiliki oleh Berlinda, bukan tidak mungkin akan mengemban jabatan yang lebih tinggi lagi,” tambah Hery.

Dia juga berharap Berlinda bisa menjadi pemimpin amanah, terlebih dengan rencana kenaikan kelas untuk PN Manokwari. “Dengan pelantikan ini, sebagai kebanggaan masyarakat Papua, harapan saya mudah-mudahan bisa menjadi pemimpin yang baik,” tambahnya.

Sementara itu, Berlinda berharap lebih banyak putra dan putri asli Papua yang dapat meniti karir di MA. Selain Belinda, terdapat 11 hakim asli Papua yang sedang meniti karir di Tanah Air.

“Di seluruh Indonesia, ada sekitar 12 orang anak asli Papua, termasuk saya. Saya harap semakin banyak lagi anak Papua yang berkarir di dunia peradilan,” ujar Berlinda.

Sementara itu,  Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari, Yan Ch. Warinussy, SH memberi apresiasi atas dilantik dan diambil sumpah dan atau janji terhadap Berlinda Ursula Mayor, SH, LL.M, M.I.R sebagai Ketua Pengadilan Negeri Manokwari Kelas I B.

“Pelantikan Ibu Hakim Mayor menandai untuk pertama kalinya seorang perempuan asli Papua diangkat dan menduduki jabatan Ketua Pengadilan Negeri Kelas I B. Ibu hakim Mayor pernah menduduki jabatan Ketua Pengadilan Negeri Wamena Kelas II. Pengalaman yang sangat cukup sebagai hakim dan pejabat pengadilan tersebut menurut saya dapat membekali Ibu Hakim Mayor untuk menjalankan tugas sebagai Ketua Pengadilan Negeri Manokwari ke depan. Apalagi di Pengadilan Negeri Manokwari juga terdapat Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dan Pengadilan Hubungan Industrial. Selain itu, dengan wilayah cakupan pelayanan yang luas meliputi Kabupaten Manokwari, Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten Teluk Wondama, Kabupaten Manokwari Selatan dan Kabupaten Pegunungan Arfak. Maka tentu kerjasama akan dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Manokwari secara lintas kabupaten di wilayah Manokwari raya ini,” ujar Warinussy.

Di Kabupaten Teluk Bintuni kata Warinussy, Pemerintah Daerah Kabupaten Teluk Bintuni telah menyiapkan lahan untuk pembangunan kantor pengadilan seluas 3 (tiga) hektar dan juga sebuah tempat sidang sementara. Sehingga menjadi tanggung jawab Ibu Mayor selaku Ketua Pengadilan Negeri Manokwari guna mendorong percepatan pembentukan Pengadilan Negeri Bintuni dalam tahun 2022 ini. Sekaligus memacu dibangunnya juga Cabang Kejaksaan Negeri Manokwari di Wasior, Kabupaten Teluk Wondama. Serta mendorong pula segera dibangunnya tempat sidang Pengadilan Negeri Manokwari di Wasior, Kabupaten Teluk Wondama pula.

“Ke depan Pengadilan Tinggi Papua Barat di Manokwari dapat mendorong pula dibentuknya Pengadilan Negeri di Kabupaten Teluk Wondama demi kepentingan pelayanan bagi warga pencari keadilan di kawasan Kabupaten Teluk Wondama dan sekitarnya. Proviciat Ibu Hakim Berlinda Ursula Mayor, SH, LL.M, M.I.R Ketua Pengadilan Negeri Manokwari Kelas I B,’ tandas Warinussy. (KN3)

 

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

14 − six =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir