Minggu, April 21, 2024

Bupati Manokwari Selatan Minta Masyarakat Jaga Kamtibmas Jelang Natal

RANSIKI, Kasuarinews.id – Bupati Kabupaten Manokwari Selatan, Markus Waran, ST, M.Si meminta warga untuk membantu TNI-Polri bersama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) jelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di daerah tersebut.

“Saya berharap semua lapisan masyarakat dapat berkontribusi dalam mendukung tugas dari pihak keamanan demi kenyamanan kita bersama dalam menyambut dan merayakan Natal 2022 dan juga Tahun Baru 2023,” ucap Bupati Markus Waran, Selasa (13/12/2022) kepada awak media.

Bupati Waran mengatakan pemerintah daerah mendukung sepenuhnya kinerja dan tugas dari Polri dan TNI dalam rangka pengamanan daerah. “Tentunya hal tersebut untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat Kristiani dalam merayakan Natal tahun ini, sekaligus menciptakan suasana tetap kondusif hingga perayaan malam tahun baru nanti,” katanya.

“Selaku Bupati, saya himbau kepada seluruh warga masyarakat Manokwari Selatan, mari sama-sama jaga keamanan dan ketertiban. Kita sama-sama mendukung kerja aparat keamanan terutama kepolisian sehingga tercipta keamanan dan ketertiban  menyambut dan merayakan hari raya Natal walaupun di tengah krisis ekonomi seperti inflasi dan kelangkaan pangan. Kita tetap berdoa dan mengucap syukur di hari yang penuh damai dan sukacita sehingga Tuhan memberikan jalan keluar,” ujar Bupati Waran lebih jauh.

Bupati juga meminta para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, perempuan, komunitas-komunitas  paguyuban yang ada di wilayah Manokwari Selatan agar terus meningkatkan semangat toleransi dan saling menghargai agar umat Kristiani dapat merayakan Natal dengan penuh damai dan sukacita.

Bupati Markus Waran juga berharap seluruh warga masyarakat Mansel mulai dari tingkat RT, RW dan kampung agar jika menemukan masalah yang terjadi di masyarakat, tidak main hakim sendiri, tetapi dapat melaporkannya kepada pihak berwajib.

“Contoh kasus yang terjadi di salah satu daerah di Papua yaitu soal keracunan. Saya minta kalo ada persoalan, sekali lagi jangan main hakim sendiri tetapi lapor ke pihak berwajib. Kalo main hakim sendiri, akibatnya akan panjang. Yang paling penting, mari kita siapkan hati untuk menyambut dan merayakan Natal dan biarlah lilin-lilin kecil menerangi hati kita sehingag sukacita dan damai Natal selalu ada dalam diri kita untuk saling mengasihi di tengah persoalan hidup yang kita alami,” harap bupati.

Untuk menyambut dan menyemarakan perayaan Natal 2022, kata Bupati, Pemda Mansel akan menggelar lomba menghias lampu Natal terutama di 3 distrik yaitu Ransiki, Oransbari dan Momiwaren. “Lomba hias lampu Natal itu di tingkat RT dan diketuai Asisten I. Juara 1 akan mendapat hadiah 35 Juta, Juara 2 memperoleh 25 Juta dan juara ketiga akan mendapat 15 Juta. Setiap RT harus berlomba-lomba menebarkan kebaikan melalui hiasan lampu Natal,” tandas Bupati Markus Waran. (KN2)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

12 − twelve =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir