Jumat, April 19, 2024

Kaum Muda di Manokwari Antusias Ikut Pelatihan Jurnalisme Warga

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Sejumlah kaum muda di Manokwari begitu antusias mengikuti pelatihan jurnalisme warga yang digelar salama  2 hari di Guara Café Reremi, Manokwari. Kegiatan ini digagas oleh Dewan Adat Papua Wilayah III Domberay dan dibuka secara resmi oleh Samuel Awom, kepala Pemerintahan Adat pada Kantor DAP Wilayah III.

Selama dua hari, kaum muda yang umumnya berusia 14-28 tahun ini didampingi oleh salah seorang jurnalis senior Musa Mambrasar, SH. Menurut Musa Mambrasar, jurnalisme warga artinya, mendorong warga masyarakat agar dapat menulis dan menyampaikan apa yang mereka alami dan terjadi di lingkungan terdekatnya berdasarkan kaidah-kaidah jurnalisme modern. “Masalah itu bisa saja dalam bidang kesehatan, sosial, ekonomi, politik yang luput dari jangkauan media massa. Artinya, warga didorong untuk membuat berita berdasarkan fakta yang bebas dari hoax,” ungkapnya.

Kata Musa, jurnalisme warga ini dapat mendorong adanya transparansi dan akuntabilitas dalam pelayanan publik baik di lingkup pemerintah provinsi maupun kebupaten. “Jika masyarakat mulai tahu dan paham maka segala persoalan yang mereka temui misalnya dalam pelayanan masyarakat seperti di rumah sakit dapat dibuat dalam bentuk berita untuk diketahui publik. Warga masyarakat harus didorong untuk terlibat dalam jurnalisme warga itu sehingga bisa menjadi kontrol sosial bagi pemerintah. Hal itu penting karena banyak sekali peristiwa yang luput dari pemberitaan media massa saat ini yang hanya cenderung menulis berita soal kegiatan pemerintahan yang lebih banyak berita seremonialnya. Kita berharap agar jurnalisme warga itu dapat menyajikan pemberitaan yang berbeda karena pemberitaan selama ini terlalu banyak seremonialnya. Misalnya bupati resmikan ini dan itu, gubernur hadiri acara ini dan itu tanpa berusaha mencari dan menggali persoalan mendasar dalam masyarakat dengan cara melakukan investigasi,” jelas Musa menambahkan peserta pelatihan jurnalisme warga akan dididik dan dilatih agar dapat melakukan peliputan dengan baik dan benar dengan mengedepankan kaidah jurnalisme modern yang menjunjung tinggi independensi. (KN4)

 

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

five × 5 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir