Sabtu, April 20, 2024

PAR Jemaat GKI Efrata Wosi dan PAR GKI se-Klasis Rumberpon Gelar Kursus Dasar Pengasuh Sekolah Minggu

WASIOR, Kasuarinews.id – PAR Jemaat GKI Efrata Wosi dan PAR GKI se-Klasis Rumberpon pada Selasa-Rabu (2-25/10/2023) menggelar kegiatan Kursus Dasar Pengasuh Sekolah Minggu dengan mengusung tema, “Harus Sungguh-Sungguh Mengajar,” di Jemaat GKI Ora Et Labora Yembekiri, Rumberpon, Teluk Wondama.

Ketua PAR Jemaat GKI Efrata Wosi Manokwari, Melianus Ajoi, mengatakan kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara PAR Jemaat GKI Efrata Wosi Klasis Manokwari dan Klasis Rumberpon. Kata Ajoi, kegiatan ini bertujuan mendukung pelayanan jemaat terutama pengasuh atau guru sekolah minggu dalam memberikan pengajaran bagi anak-anak sekolah minggu.

“Dan berbagai materi yang disiapkan diharapkan menjadi modal dasar dalam pelayanan terutama mendidik dan menyiapkan materi sesuai dengan kebutuhan anak didik sekolah minggu untuk semakin  mengenal Allah dalam kehidupan anak-anak. Modul dasar dalam kurus ini seperti                                Gambaran singkat tentang tata gereja, pedoman pelayanan unsur PAR, panggilan sebagai pengasuh PAR, kurikulum ( pedoman pengajaran sekolah minggu GKI di Tanah Papua, Psikologi peekembangan anak dan remaja, konseling bagi remaja, pelayanan gereja di jemaat pesisir dan 3T, peran majelis ( Penatua, Syams ) pendamping PAR, administrasi sekolah minggu, manajeman ibadah tunas sekolah minggu, pengelolaan keuangan sekolah minggu, metode pendalaman Alkitab pribadi untuk persiapan mengajar dan praktek, metode memimpin puji-pujian dan praktek, metode bercerita Alkitab dan metode merancang aktivitas kelas dan bermain, metode mempersiapkan alat peraga dan praktek,” ujar Melianus Ajoi.

Ketua Klasis GKI Rumberpon, Pdt Mery Mintje Kadam S.Th, M.Th saat pembukaan kurus mengatakan kegiatan ini menjadi dasar pelayanan sehingga perlu didukung semua pihak khususnya Klasis Rumberpon dan 10 jemaat yang ada di bawah lingkungan 1. “Kami juga berterima kasih kepada PAR Jemaat GKI Efrata Wosi Manokwari yang memilih klasis Rumberpon sebagai tempat kegiatan kursus dasar pengasuh. Kami berharap,  kegiatan ini menjadi dasar bagi guru-guru pengasuh dalam mendampingi anak-anak sekolah minggu, karena anak- anak sekolah minggu merupakan fondasi atau generasi bagi gereja, jemaat di masa depan khususnya GKI di Tanah Papua ke depan,” ujarnya.

 Ketua PHMJ Jemaat GKI Ora Et Labora Yembekiri Grj. Yakub Bikiai, mengucapakan terima kasih kepada PAR Jemaat GKI Efrata Wosi Manokwari yang mau bekerjasama dalam Klasis, yaitu Klasis Manokwari dan Klasis Rumberpon untuk menggelar kursus dasar pengasuh sekolah minggu di klasis Rumberpon.

Ketua Seksi PAR Klasis Klasis Rumberpon, Sury Yati Windesi S.Si.Teol, juga mengapresiasi kegiatan ini dan berterima kasih bagi PAR Jemaat GKI Efrata Wosi yang  memilih klasis Rumberpon sebagai tempat pelaksanaan  kegiatan kursus dasar pengasuh sekolah minggu. “Kursus dasar ini harus terus dilanjutkan dengan modul selanjutnya,” ungkapnya.(KN5)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

9 + sixteen =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir