Selasa, Mei 7, 2024

Pelatihan Paralegal Pemuda Katolik Kota dan Kabupaten Sorong Peduli HAM

SORONG, Kasuarinews.id – Pemuda Katolik Kota dan Kabupaten Sorong mengikuti kegiatan pelatihan paralegal bertempat di ruangan pertemuan Ruang Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik St. Benediktus Kampung Baru beberpa waktu lalu. Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari pemerintah Kota dan Kabupaten Sorong, pihak Kepolisian, dan rekan-rekan fasilitator dari Perhimpunan Bantuan Hukum Keadilan dan Perdamaian (PBHKP).

Adapun tujuan dari pelatihan ini adalah memberikan pemahaman dan keterampilan bagi peserta pelatihan tentang tugas dan fungsi paralegal serta memberikan pemahaman serta keterampilan bagi peserta pelatihan tentang pendampingan hukum secara Non litigasi.

Ketua Pemuda Katolik Komisariat Daerah Papua Barat, Yustina Ogoney, SE memberikan apresiasi terkait kegiatan tersebut. Kata dia,  pemuda sebagai agent of change (baca: agen perubahan) khususnya Pemuda Katolik Kota/Kabupaten Sorong sebagaimana amanat dalam Rakernas Pemuda Katolik 2022 di Sulawesi Utara menghasilkan sejumlah kebijakan kongkrit demi mewujudkan semangat reborn and grow further, dalam salah satu output konkret yang dimaksud adalah pembentukan Rumah Konsultasi Bantuan Hukum (RKBH) dimana ditegaskan bahwa prinsip kerja advokasi kepada masyarakat merupakan komitmen yang harus termanifestasikan dalam kerja-kerja nyata, yang menunjukan keberpihakan kepada masyarakat miskin, lemah dan tertindas.

Yulianus Taa, SE selaku Ketua Panitia berterima kasih dengan diadakannya kegiatan pelatihan ini, dimana para peserta dibekali dengan tugas dan fungsi paralegal dalam memberikan bantuan hukum secara nonlitigasi, selain itu juga dalam pelatihan ini para peserta melakukan simulasi penyelesaian masalah melalui mekanisme negosiasi dan mediasi.

“Harapan saya pemuda katolik setelah mengikuti kegiatan pelatihan paralegal dapat mengaktualisasikan pengetahuan yang kami dapat selama pelatihan kepada masyarakat yang berhadapan dengan masalah hukum dan menjadi contoh buat para pemuda yang lain dalam kerja-kerja paralegal memberikan layanan bantuan hukum,” ujarnya. (KN4)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

4 × one =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir