Sabtu, Juli 20, 2024

Pemkab Mansel akan Bentuk UPTD Pengelolaan Sampah dan Taman Kota

RANSIKI, Kasuarinews.id – Bupati Manokwari Selatan, Markus Waran, ST, M.Si mengatakan bahwa Pemerintah Manokwari Selatan akan membentuk sebuah UPTD (Unit Pelaksana Teknis Dinas) untuk menangani pengelolaan sampah dan taman kota di Mansel. “Kita rencanakan pembentukan UPTD untuk kelola sampah dan tamana kota. Dan saya telah meminta Kabag Ortal mempersiapkan hal tersebut dan berkoordinasi dengan pihak terkait,” ujar Bupati, Sabtu (13/8/2022).

Menurut bupati Waran, yang akan memimpin UPTD tersebut adalah pejabat eselon 3 yang dibantu oleh  para tenaga honorer yang akan dikaryakan di UPTD tersebut.

Kata Bupati,  untuk penyiapan infrastruktur terutama dalam hal pengelolaan sampah akan disiapkan oleh Dinas PU sedangkan pengelolaan sampah hingga tiba di TPA ada di Dinas Lingkungan Hidup. “Jadi Dinas PU menyiapkan infrastruktur sedangkan operasionalnya ada di Dinas Lingkungan hidup. Tinggal kedua OPD tersebut saling berkoordinasi saja,” jelas bupati menambahkan anggaran untuk pembentukan UPTD tersebut akan disesuaikan dengan APBD karena APBD Mansel masih terbatas.

Pada kesempatan ini bupati Markus Waran meminta kepada warga masyarakat Mansel agar mulai menanamkan dalam dirinya sikap disiplin dan kesadaran  dalam mengelola sampah. “Dari hari ke hari kubikasi sampah di Mansel mulai meningkat. Untuk itu, masyarakat harus sadar kelola sampah dengan cara memilah-milah jenis sampah yang berasal dari Rumah Tangga. Artinya, sebelum sampah dibuang harus dipilah-pilah dulu mana yang bisa terurai dan mana yang tidak,” harap Bupati. Bupati Waran juga berharap  agar masyarakat tidak membuang sampah secara sembarangan misalnya di bantaran sungai atau di pinggir jalan. (KN2)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

nineteen − 2 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir