Senin, Juni 17, 2024

Wabup Edi Budoyo Lepas Lomba Gerak Jalan dalam Rangka HUT PI Ke-168

MANOKWARI, Kasuarinewes.id – Wakil Bupati Manokwari, Drs. Edi Budoyo pada Rabu (25/1/2023) secara resmi melepas peserta lomba gerak jalan dalam rangka HUT Pekabaran Injil (PI) ke-168  di Tanah Papua.

Bupati Manokwari dalam sambutannya yang dibacakan Wabup mengatakan bahwa pada momentum perayaan HUT PI ke-168, Pemkab Manokwari mengajak seluruh masyarakat di daerah agar dapat mengambil bagian dalam rangkaian HUT PI ke-268 tahun di tanah Papua.

“Pelepasan peserta lomba gerak jalan ini menandai dimulainya rangkaian kegiatan menyongsong HUT PI ke-168. Dan hal ini harus menjadi momentum untuk merangkai dan merajut semangat ke-Indonesiaan dalam kebhinekaan,” ujar Wabup menambahkan bahwa kemajemukan itu harus di diimplementasikan dalam kehidupan beragama, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Manokwari Immanuel H. Pangaribuan sebagai koordinator seksi lomba menyebut, lomba gerak jalan diikuti 118 peserta dari kelompok jemaat gereja, sekolah dan masyarakat umum.

 “Lomba gerak jalan hari ini, sebagai tanda dimulainya rangkaian lomba dalam peringkatan HUT Pekabaran Injil ke 168 tahun. Ini merupakan kick of dari semua perayaan. Antusiasme sangat luar biasa dan begitu menggambarkan ke-Indonesiaan. Lihat saja, banyak masyarakat muslim juga ikut dalam lomba gereja jalan. Inilah Indonesia,” sebut Immanuel.

Selain itu kata Immanuel, dalam rangka HUT PI ke-168, Pemkab Manokwari juga akan menggelar pelbagai lomba. “Misalnya, selama tiga hari ke depan dari tanggal 26 hingga 28 Januari akan ada lomba cerdas cermat Alkitab yang diikuti jemaat-jemaat gereja dan sekolah-sekolah. Ada lomba Yospan jalan tanggal 30 Januari dengan mengambil rute dari jalan Merdeka dan finish di lapangan Borarsi yang diikuti masyarakat umum dan denominasi agama, gereja dan sekolah-sekolah. Tanggal 31 Januari, akan ada lomba perahu hias yang diikuti oleh jemaat-jemaat gereja. Kemudian, tanggal 1 Februari ada jalan santai dengan rute jalan percetakan negara dan finish di lapangan Borarsi. Selain itu, puncak kegiatan akan dilaksanakan pada 2 Februari yang ditandai dengan lomba perahu dayung tradisional. Rute dermaga pulau Lemon dan finish di Dermaga pulau Mansinam,” ungkapnya. HUT PI ke-168 tahun ini mengambil tema, “Kasih Kristus Mengerakkan Kemandiran Gereja Mewujudkan Keadilan, Perdamaian dan Kesejahteraan (2 Kor 5:18-19). (KN4)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

1 + fourteen =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir