Sabtu, April 20, 2024

Banjir Landa Wondama, Warga Mengungsi ke Kantor Pemerintahan

 WASIOR, Kasuarinews.id – Banjir melanda sejumlah  wilayah di Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat pada Senin (30/5/2022) dini hari sekitar pukul 01.00 Wit.

Kejadian ini terjadi setelah hujan deras yang mulai mengguyur  Teluk Wondama pada Minggu (29/5) sore hingga Senin (30/5) subuh menyebabkan dua kali yaitu Kali Ati yang berada di distrik Rasiei dan sebuah kali kecil  di Kampung Kaibi, Distrik Wondiboy meluap. Hal ini diungkapkan oleh salah seorang tokoh masyarakat, Eduard Kamodi saat dikonfirmasi Senin (30/5/2022) di Miei.

“Dua kali itu meluap karena mungkin jembatan terlalu rendah sehingga material yang terbawa arus seperti batang pohon, kayu dan material lainnya tersangkut di jembatan dan menghalangi aliran air sehingga air meluap ke jalan menyebabkan banjir. Ini banjir kecil saja jadi tidak apa-apa,” ungkap Kamodi.

Menurut Kamodi,  wilayah yang secara langsung terkena dampak banjir adalah kampung Isei dan kampung Kaibi serta Sanduay. “Banjir itu biasa saja karena air meluap dari kali ke jalan raya.  Tidak ada korban jiwa,” ungkapnya.
Kata dia, akibat banjir itu, warga kampung Isei sempat mengungsi dan mengamankan diri di perkantoran di komplek Kantor Bupati Rasiey. “Saat ini, air sudah surat dan material berupa batang kayu, batu, lumpur dan material lainnya sudah dibersihkan dari jalan raya. Sebagian warga juga sudah kembali ke rumah,” ungkapnya sambil berharap agar warga tidak membuang sampah sembarangan di kali sehingga dapat menghambat aliran air yang pada akhirnya dapat menyebabkan banjir. (KN4)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

19 − 6 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir