Sabtu, April 20, 2024

Bupati Manokwari Selatan Lepas Kontingen Pramuka ke Jambore Nasional XI di Cibubur

RANSIKI, Kasuarinews.id – Bupati Kabupaten Manokwari  Selatan Markus Waran, ST, M.Si yang diwakili Asisten III Setda Mansel, Ir. Pieter Rante melepas Kontingen Jambore Nasional Pramuka XI Tahun 2022 Kwartir Cabang Kabupaten Manokwari Selatan ke Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. Prosesi pelepasan ini dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Mansel, Sabtu (6/8/2022).

Bupati Mansel dalam amanatnya yang disampaikan Asisten III mengucapkan selamat kepada para peserta yang terpilih dari Kwartir Cabang Kabupaten Mansel dan pembina yang mengawal kontingen Jambore Nasional XI ini.

Ia berpesan agar Kwartir Cabang Kabupaten Mansel yang merupakan duta daerah dan duta Kabupaten Mansel yang harus membawa nama baik, membawa citra, membawa wajah Kabupaten Manokari Selatan dan semangat ke-Indonesiaan dalam Jambore Nasional ini.

Pieter Rante mengatakan,  jambore nasional menjadi satu wahana pendidikan yang berfungsi sebagai wadah untuk membina dan mengembangkan rasa nasionalisme serta persahabatan antar anggota pramuka penggalang, sebagai salah satu sarana perekat bangsa untuk meningkatkan kualitas pramuka penggalang melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan. “Ini kesempatan emas bagi adik-adik peserta. Jambore ini tidak mudah karena berskala nasional. Untuk itu, saya minta agar gunakan kesempatan untuk menambah pengetahuan dan menempah kepribadian, kemandiran serta wawasan kebangsaan karena peserta Jamnas berasal dari pelbagai daerah di Indonesia,” ujar Rante.

Jambore Nasional yang dilaksanakan tahun ini bertemakan ‘Ceria, Berdedikasi dan Berprestasi’ dengan bermottokan satyaku kudharmakan, dharmaku kubaktikan.

“Hendaknya momentum ini bisa dijadikan pemicu untuk lebih giat lagi dalam berbagai upaya menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, mendapatkan pengetahuan dan pengalaman tentang kepemimpinan, pembinaan di bidang mental spriritual, sikap serta semangat kekeluargaan dan gotong royong yang lebih mantap,” kata Pieter Rante.

Jaga Perilaku

Ia menghimbau kepada peserta Jambore Kwartir Cabang Kabupaten Masel agar selalu menjaga sikap dan perilaku, menanamkan nilai-nilai budi pekerti, senantiasa membangun komunikasi yang baik dengan semua kontingen dari daerah lain serta yang paling utama adalah menjaga kekompakan di antara seluruh kontingen.

Sementara itu,  Sadrak Fani,  Sekretaris Kwartir Cabang Mansel melaporkan bahwa jambore akan dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus sampai 21 Agustus 2022 di bumi perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. “Sebelum itu sudah dilakukan jambore cabang tanggal 8-10 Juni 2022 lalu sebagai edukasi dan pelatihan untuk menyeleksi gugus depan. Dari seleksi itu terpilih 8 orang peserta pria dan 8 orang peseta putri,” ujarnya.

“Kontingen Kabupaten Mansel yang diberangkatkan ada 16 penggalang yang terdiri dari 8 putra dan 8 putri yang didampingi oleh masing-masing oleh pembina 1 putra dan 1 putri ditambah tim pendukung sebanyak 5 orang. Selain itu, ada orangtua yang juga ikut dalam rombongan mendampingi anaknya dengan biaya sendiri,” ujarnya. (KN2)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

seventeen − two =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir