Sabtu, Juli 20, 2024

Bupati Markus Waran dan Wabup Wempy Rengkung Hadiri Peresmian Gereja Katolik Oransbari

RANSIKI, Kasuarinews.id – Bupati Manokwari Selatan, Markus Waran, ST, M.Si dan dan Wakil Bupati Wempy Rengkung, SE, M.Si pada Rabu (19/10/2022) menghadiri acara peresmian gedung Gereja Katolik Fransiskus Xaverius, Stasi Oransbari, Kabupaten Mansel. Kehadiran orang no 1 dan 2 Manokwari Selatan ini disambut hangat oleh Uskup Manokwari Sorong Mgr. Hillarion Datus Lega  dan para pastor serta umat Katolik yang menghadiri acara tersebut.

Pada kesempatan ini atas nama Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan dan pribadi, Bupati Markus Waran mengucapkan selamat dan sukses atas pengresmian gedung gereja Katolik Oransbari yang nampak megah dan indah. “Saya juga mengucapkan terima kasih atas peran serta umat Katolik dalam upaya membangun Kabupaten Manokwari Selatan,” ungkap Bupati Waran.

Menurut Bupati Waran, pembangunan mental spiritual dan keagamaan yang secara nyata diwujudkan lewat pembangunan rumah ibadah baik gereja, masjid dan lainnya merupakan salah satu program prioritas pemerintahan dirinya sebagai bupati dan wakil bupati di periode kedua kepemimpinannya bersama Wabup Wempy Rengkung. Untuk itu, kata Bupati Waran, pemerintah daerah Mansel akan membuka ruang dan mendukung serta mamfasilitasi setiap aktivitas keagamaan dari semua umat bergama yang ada di Kabuapten Manokwari Selatan, khususnya  dalam hal  pembangunan rumah ibadah, termasuk umat Katolik. Namun semuanya itu, kata Waran akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. “Dan pada kesempatan yang baik ini, saya mengajak seluruh umat Katolik baik yang ada di Oransbari dan Ransiki serta wilayah lainnya di Kabupaten Mansel agar dapat terus bergandengan tangan bersama pemerintah dan umat beragama lainnya agar terus membangun  persaudaraan dan toleransi hidup beragama untuk kemajuan Mansel ke depan,” ujar Bupati Waran.

Sementara itu, Uskup Manokwari Sorong, Mgr. Hillaron Datus    Lega, saat perayaan ekaristi pemberkatan gereja pun saat menyampaikan sambuatan pada acara resepsi secara khusus menyebut nama Bupati Markus Waran sebanyak dua kali sebagai salah seorang pemimpin muda Papua terbaik saat ini dan berharap ke depan Bupati Waran bisa menjadi seorang pemimpin Papua Barat ke depannya.

“Atas nama pemimpin gereja Katolik Keuskupan Manokwari Sorong, saya mengucapkan terima kasih kepada Pemda Mansel khususnya Bupati dan Wakil bupati, tetapi juga secara khusus kepada keluarga besar Waran yang mau menyumbangkan tanah bagi pembangunan gereja Katolik di Oransbari dan telah menjaga dan memberikan rasa aman bagi umat Katolik yang ada di Oransbari,” ujar Datus Lega yang tak lupa juga berterima kasih kepada suku besar Arfak yang telah menerima kehadiran gereja Katolik di tanah Arfak khususnya di Mansel. (KN2)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

8 − two =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir