Kamis, Mei 23, 2024

Dana Desa dan Reguler Tahap I Kabupaten Tambrauw Terserap 100 Persen

SORONG, Kasuarinews.id – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kabupaten Tambrauw, Provinsi Papua Barat Daya, Yaconias Ajambuani, S. STP  menegaskan bahwa Dana Desa dan regular tahap I di Kabupaten Tambrauw telah terserap 100 persen.

“Pokoknya per tanggal 23 Juni 2023, Dana Desa dan regular tahap I di Tambrauw telah terserap 100 persen,” ungkap Yaconias, Kamis (28/6/2023) di Sorong.

Menurutnya, Dana Desa dan regular yang telah terserap 100 persen itu disebabkan karena adanya komunikasi dan koordinasi yang baik antara pelbagai pihak baik dari Dinas, Kepala Kampung, pihak Bank penyalur dan petugas lainnya di lapangan. Selain itu, adanya perencanaan dan pendampingan yang matang sehingga eksekuasi di lapangan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan perencanaan. “Jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, serapan dana desa itu boleh dikatakan luar biasa. Kita ingin agar rakyat di kampung dapat merasakan manfaat yang nyata dari penyaluran dana desa itu sehingga kita bekerja maksimal dengan mengedepankan komunikasi, koordinasi dan transparansi,” ujar Yaconias.

Ke depan dia meminta agar penggunaan dana desa dapat terus sesuai dengan progres yang sudah direncanakan agar lebih tepat sasaran dan dapat dirasahkan oleh masyarakat. “Pemda Tambrauw lewat Dinas PMK berkomitmen agar penyaluran dana desa itu dapat memberi manfaat yang siginfikan bagi kehidupan masyarakat di kampung. Jadi harus ada perubahan setiap tahunnya di tingkat kampung. Kita sudah berkali-kali ingatkan bahwa dana desa itu bukan dana kepala kampung atau aparat kampung tetapi dana untuk membangun desa yang harus dipertanggungjawabkan sehingga penggunaannya harus melalui perencanaan yang matang karena nantinya dipertanggungjawabkan. Kalo disalahgunakan, tahu akibatnya. Ini yang harus diingat betul,” tandas Yaconias. (KN4)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

14 − 5 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir