Senin, Juni 17, 2024

Masyarakat Distrik Moraid dan Selemkai Berkomitmen Tetap Bergabung ke Tambrauw

SORONG, Kasuarinews.id – Masyarakat Distrik Moraid dan Selemkai, menyatakan sikap dan komitmennya untuk tetap bergabung dengan Kabupaten Tambrauw sesuai dengan amanat UU No. 14 Tahun 2013. Hal ini diungkapkan Intelektual Muda Suku Moi Distik Selemkai Kabupaten Tambrauw, Frengky Gifelem, Rabu (14/9/2022) saat ditemui di Kampus Universitas Muhamadiyah Sorong.
Menurut tokoh muda suku Moi ini, terkait wacana pemekaran provinsi Papua Barat Daya, soal batas wilayah antara kabupaten Sorong dan Tambrauw kembali menjadi sorotan dimana, akhir-akhir ini ada sejumlah pihak yang berupaya secara sistematis hendak mengembalikan 2 distrik yang masuk dalam wilayah Kabupaten Tambrauw itu ke wilayah Kabupaten induk yaitu Sorong.
“Isu tersebut secara liar terus berkembang dan meresahkan warga masyarakat di 2 distrik itu. Untuk itu, beberapa waktu lalu telah dilakukan pertemuan informal antara tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, intelektual pada 2 distrik tersebut. Dari pertemuan itu disepakati bahwa 2 distrik itu tetap bergabung dengan Kabupaten Tambrauw sesuai amanat UU No 14 Tahun 2013,” tandas Frengky.
Alasan yang disampaikan masyarakat kata Frengky sangat sederhana yaitu setelah bergabung dengan Tambrauw proses pembangunan dan pemberdayaan SDM dari 2 distrik itu terus berkembang, tidak seperti kala bergabung dengan Kabupaten Sorong dulu. “Contoh paling nyata, pembangunan fisik di 2 distrik tersebut sangat nampak, ada sejumalah warga dari 2 distrik itu yang menjadi anggota legislatif, banyak yang telah diangkat menjadi PNS, sesuatu yang jarang terjadi sebelumnya,” ungkap Frengky. ((KN1)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

12 + 3 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir